Mengakses Konten Positif Jadikan Kita Lebih Baik

9

Pidie Jaya, info31.id – Era digital membuat masyarakat dapat menikmati berbagai konten baik hiburan ataupun pendidikan dan infromasi dengan mudah. Namun, hati-hati selain konten positif, tersebar juga konten negatif.

Menurut akademisi Siska Armawati Sufa menjelaskan, ada empat konten positif yang perlu kalian tahu yaitu : Konten Inspiratif, Konten edukatif, konten informatif dan konten menghibur.

“Sebaiknya masyarkat hanya gunakan internet untuk mendapatkan sebuah informasi untuk kebutuhan kita yang positif jangan ke negatif, fokuslah untuk mengakses dan membagikan konten yang positif membuat diri kita lebih baik setiap harinya,” ujar Siska dalam webniar “Keterampilan Digital di Era Pandemi” yang digelar Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, di Pidie Jaya, Aceh, beberapa waktu lalu.

Praktisi pendidikan, Tresnawati mengatakan, dalam dunia digital dan modern seperti sekarang ini, Internet sudah menjadi hal yang sangat wajar. Internet juga menjadi salah satu kebutuhan pokok yang tidak terlepaskan dari kehidupan kita sehari-hari. Tantangan terbesar dalam menghadapi perkembangan zaman ini adalah keamanan dalam mengakses informasi yang ada di internet.

“Masyarakat 5.0 adalah penggunaan internet dan media sosial pada segala bidang kehidupan atau lebih dikenal dengan istilah Internet of Things (IOT). Keberadaan internet dan media sosial sudah tidak dapat dipisahkan lagi dari kehidupan masyarakat pada era industry 4.0. Internet dan sosial media bukan lagi menjadi gaya hidup tetapi sudah menjadi kebutuhan hidup. Terlebih lagi pada masa pandemic Covid-19 seperti sekarang ini,” ujarnya.

Praktisi media sosial, Zulkarnaini Masry menyoroti maraknya hoax atau berita bohong. Menurutnya orang lebih cenderung percaya hoax jika informasinya sesuai dengan opini atau sikap yang dimiliki.

“Misalnya seseorang memang sudah setuju terhadap kelompok tertentu, produk, atau kebijakan tertentu. Ketika ada informasi yang dapat mengafirmasi opini dan sikapnya tersebut, maka ia mudah percaya. Karena itu, Kita harus bisa memilih berita informasi yang benar jangan asal mudah percaya begitu saja sebaiknya kita harus pahami dulu dan mencari info info lain,” jelasnya.

Sesi sharing oleh Irfadilah seorang aktor dan penyanyi mengatakan, bijaklah dalam menggunakan internet. Akses media sosial harus dengan hal positif untuk mendapatkan sebuah informasi dan pengetahuan yang kita butuhkan.

“Usahakan kita tidak meninggalkan rekam jejak yang negatif di dunia maya,” ujarnya.

Kegitaan webniar ini merupakan rangkaian dari Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.