Membanggakan! Kota Bandung Terima Medal of Honor lewat OMABA

25
Kota Bandung menerima Medal of Honor dalam gelaran the 5th Guangzhou International Awards for Urban Innovation, di Yuexiu International Conference Center, Guangzhou, belum lama ini. (Foto: info31.id/Pool/Dok. Kemlu)

BANDUNG, info31.id – Kota Bandung menerima Medal of Honor dalam gelaran the 5th Guangzhou International Awards for Urban Innovation, di Yuexiu International Conference Center, Guangzhou, belum lama ini.

Kota Bandung melalui proyek Ojek Makanan Balita (OMABA) terpilih menjadi satu dari 15 kota yang dinominasikan Guangzhou Awards 2020. Prestasi ini sangat penting, mengingat inovasi dari 15 kota tersebut berhasil mengungguli 160 kota lain di seluruh dunia.

Acting Konjen RI Guangzhou, Maya Damayanti, mewakili Pemerintah Kota Bandung, turut hadir secara offline untuk menerima penghargaan tersebut.

Proyek OMABA bertujuan mendukung distribusi makanan sehat dengan menggunakan sarana ojek, dalam rangka menurunkan tingkat malnutrisi anak di Kota Bandung. Proyek tersebut didukung keberadaan dapur PKK, yang mengolah bahan baku dari kebun perkotaan menjadi makan sehat.

OMABA juga mempunyai program pendukung yaitu DARLING (Dapur Keliling). OMABA telah sejalan dengan Sustainable Development Goals/SDGs (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) dan New Urban Agenda yang telah ditetapkan PBB sebagai agenda pembangunan guna keselamatan manusia dan planet bumi, yaitu menuju target: Tanpa Kemiskinan (Zero Poverty), Tanpa Kelaparan (Zero Hunger), Kehidupan Sehat dan Sejahtera (Good Health and Well-Being), Kesetaraan Gender (Gender Equality), dan Kota dan Komunitas Berkelanjutan (Sustainable Cities and Communities).

Baca Juga: Mengusung Konsep Heritage, KINA Bertransformasi dari Cafe ke Restoran Ramah WFH

Guangzhou International Award for Urban Innovation merupakan acara dua tahunan yang berfokus pada pendekatan inovatif pemerintah kota dari seluruh dunia untuk mencapai SDGs dan New Urban Agenda.

Acara ini diselenggarakan sejak 2012 oleh Pemkot Guangzhou dengan didukung United Cities and Local Governments/UCLG dan Metropolis, asosiasi kota-kota besar dari seluruh dunia.

Dewan juri Guangzhou Awards tahun ini memilih lima kota sebagai penerima Awards, yakni Chongqing, RRT; Union of Dannieh Municipalities, Lebanon; Quito, Ecuador; Vienna, Austria; dan Saint Louis, Senegal.