Memahami Pentingnya Menjaga Keamanan di Ruang Digital

33

TAPANULI SELATAN, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital, Kamis (23/9/2021). Webinar membahas tentang “Memahami Pentingnya Menjaga Keamanan di Ruang Digital” oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang influencer yang akan ikut berpartisipasi.

Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi., yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.

Pembahasan mengenai pentingnya menjaga keamanan di ruang digital dengan tidak mengunggah data diri di media sosial dan memberitahu data diri kepada siapapun. Cara menjaga data pribadi di ruang digital menurut Tiro Sanchabakhtiar, antara lain tidak unggah foto yang dapat memancing pengikut, tidak unggah segala dokumen pribadi, serta membuat password yang kuat dan ganti secara rutin atau berkala.

Dunia internet adalah sesuatu perkembangan teknologi yang maha cepat setiap atau bahkan semua pemerintahan dan perorangan yang telah menelaah dan menyikapi. Hingga saat ini semua aturan masih terus dibenahi.

Ditambah pemaparan, oleh Meisy Kris Melani, S.I.Kom., memanfaatkan internet yang sehat, antara lain sebagai sarana komunikasi dan konektivitas, sumber informasi dan pengetahuan, kemudahan melakukan bisnis, sarana edukasi, hiburan, dan penyimpanan data. Tips aman berselancar di internet, antara lain tidak asal unggah konten, tidak perlu detail mencantumkan informasi, jaga etika, serta filter akun-akun yang diikuti.

Hal yang harus dilakukan dalam bermedia sosial ialah bijak di kolom komentar. Ada banyak komen sarkasme di media sosial yang dilihat. Cara menghadapi komen sarkasme, antara lain menghindari interaksi dan diskusi dengan orang sarkastik, tetap tenang, membalas sarkasme, serta sampaikan kritik.

Diakhiri dengan key opinion leader, oleh Michelle Wanda sebagai Influencer, menjelaskan menjaga data pribadi di ruang digital merupakan hal yang wajib dilakukan. Karena jika data pribadi digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, akan merugikan diri sendiri bahkan oeang lain. Jangan pernah memberikan data pribadi kesiapapun.