Memahami Pentingnya Menjaga Keamanan di Ruang Digital

15

LABUHAN BATU SELATAN, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Senin (13/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Keynote Speaker Gubernur Provinsi Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi., memberikan sambutan dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang “Memahami Pentingnya Menjaga Keamanan di Ruang Digital” oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang influencer yang akan ikut berpartisipasi.

Pembahasan mengenai pentingnya menjaga keamanan di ruang digital agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan kemudian hari. Jika masyarakan dengan mudah meninggal jejak digital yang negatif, mengunggah konten yang tidak baik, menyebarkan hoax, dan mengunggah data pribadi di media sosial, maka masyarakat akan merasakan dampak negatifnya di dunia nyata. Karena, jejak digital yang sudah ada di media sosial tidak bisa dihapus selamanya.

Langkah untuk menjaga keamanan di ruang digital, antara lain bersihkan riwayat pencarian pada browser, gunakan password yang sulit dan ganti secara berkala, lakukan setting privasi di setiap akun media sosial, hindari memberikan data pribadi dan melakukan transaksi keuangan ketika menggunakan wifi umum, yakinkan bahwa link yang akan diakses terpercaya, serta hargai privasi orang lain.

Menurut Rahmad Aditiya, ST., M.Kom sebagai Dosen Fakultas Teknik Informatika UNIVA Labuhanbatu, memaparkan tips bermedia sosial dengan bijak dan tepat, antara lain konten atau komen yang diunggah sesuai dengan fakta, informasi yang diunggah dapat dipertanggungjawabkan, jangan membagikan lokasi terkini di media sosial.

Kemudian, konten yang diunggah dapat membantu orang lain, serta konten atau informasi yang diunggah dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Jadikan media sosial tempat untuk memperoleh kabar dan berita, sebagai media komunikasi yang relatif mudah, untuk berkreasi dan berkarya, memperluas jaringan pertemanan, serta berkolaborasi dengan banyak orang.