Memahami Pentingnya Keamanan di Era Digital

7

MANDAILING NATAL, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Kamis (9/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi., memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021. Webinar membahas “Memahami Pentingnya Keamanan di Era Digital” oleh para narasumber berkompetensi di bidang masing-masing serta seorang influencer.

Menurut E. Rizky Wulandari, S.Sos., M.I.Kom sebagai Dosen Ilmu Komunikasi, menjelaskan keamanan di era digital dari spamming dan hacking. Cara yang dapat dilakukan untuk mencegah spamming, antara lain saat browsing internet jangan mudah tergoda dengan iklan-iklan yang suka muncul, saat naik ojek online pastikan data drivernya sesuai.

Begitu pula saat belanja online saat transaksi perhatikan tokonya, website toko pastikan aman atau tidak untuk memasukin data kita pribadi, terpenting tempat buat menyimpan uang, pilih layanan yang namanya terpercaya dan memiliki fitur keamanan. Hal yang harus diperhatikan, antara lain menggunakan password yang kuat dang anti secara berkala serta kurangi penggunaan VPN dan wifi yang tidak dipercaya.

Dilanjutkan oleh Sulaiman Saleh Harahap, S.Kom sebagai Guru Produktif Komputer Cabdis Sidempuan, menambahkan di media sosial, banyak beredar informasi internet gratis dari pemerintah berupa informasi yang disertai dengan link yang berbeda-beda dalam setiap pesan yang beredar, namun dengan karakter URL yang hampir sama.

Cara aman berinternet, meliputi periksa kembali link yang akan diakses, lihat format Https, percayakan pada browser pilihan, baca detail sebelum klik, periksa banyaknya iklan di situs tersebut, gunakan layanan Link Scanner, serta jaga data pribadi. Manfaat internet sangat banyak, tapi jangan sampai masyarakat menjadi tidak waspada. Masyarakat bisa sembarangan saja di dunia digital, akibatnya data pribadi bisa di jual oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan digunakan untuk hal yang merugikan korban.