Memahami Pentingnya Data Pribadi

29

SAROLANGUN, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Rabu (22/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Keynote Speaker Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc dan Presiden RI Jokowi memberikan sambutan dan mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Tema besar webinar “Memahami Pentingnya Data Pribadi” oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Pembahasan tentang jejak digital itu nyata, dan apa yang kita lakukan di dunia digital saat ini akan menentukan masa depan kita. Karena banyak sekali kasus seseorang di pecat karena media sosial. Maka perhatikan jenis postingan yang dapat membuat orang kehilangan kesempatan kerja. Rata rata 75% karena agresif dan memakai bahasa kasar.

Sebesar 71% referensi ke penggunaan narkotik, 56% pola berbahasa yang buruk, 47% Mengunggah foto diri saat mabuk, dan 29% tentang aktivitas atau beda pandangan politik. Untuk itu pahami etika, norma dan adab, berdigital, dan gagal paham, menurut Iman Darmawan, ST sebagai Praktisi Public Speaking dan Founder Iman Komunika.

Danis Putra Perdana, S.Kom., MM Dosen dan Sekprodi DCEB memaparkan tentang pengecualian hak pemilik data pribadi ialah untuk kepentingan pertahanan dan keamanan nasional, kepentingan proses penegakan hukum, kepentingan umum dalam rangka penyelenggaraan negara, kepentingan pengawasan sektor jasa keuangan , moneter, sistem pembayaran, dan stabilitas sistem keuangan.

Azwardinsyah, S.Pd Kepala SMAN 3 Sarolangun menjelaskan manfaat literasi digital yaitu melatih dalam hal menulis serta merangkai kata yang bermakna, menambah kosa kata, meningkatkan fokus dan konsentrasi seseorang, mengoptimalkan kerja otak, mempertajam diri di dalam menangkap makna dari suatu informasi yang sedang di baca, dan melatih kemampuan berpikir dan menganalisa.

Dr. H. Zamzami, SE., M.Si sebagai Lektor Kepala FE UNJA memaparkan tentang etika digital dalam Informasi dan pertumbuhan ekonomi antara lain Informasi untuk full employment, informasi dan kemiskinan, Informasi dan ketimpangan Pembangunan, informasi dan devisa. Key Opinion Leader oleh Nelly Carey seorang Vocalist & Influencer, mengatakan lindungi diri kita dari serangan digital, karena data kita adalah aset.