Memahami Pentingnya Data Pribadi

25

MUSI RAWAS UTARA, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Kamis (16/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Keynote Speaker Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru, S.H; Bupati Musi Rawas Utara, H. Devi Suhartoni; dan Presiden RI Jokowi memberikan sambutan dan mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang “Memahami Pentingnya Data Pribadi” oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Menurut Dionysius Sentausa sebagai Web dan Mobile Developer, keamanan digital atau cyber security adalah sebuah keamanan yang diaplikasikan pada teknologi informasi. Teknologi informasi yang dimaksud meliputi teknologi yang menyimpan, memanipulasi, atau memindahkan data, seperti komputer, jaringan data, dan seluruh perangkat yang terhubung dalam sebuah jaringan seperti router dan switch.

Keamanan digital berfungsi untuk melindungi informasi dari terjadinya tindakan cyber-crime atau cyber-attack. Pengamanan digital berupa password atau passcode adalah sekumpulan karakter acak yang biasanya digunakan untuk mengkonfirmasi identitas diri. Karakter pada password dapat terdiri dari kombinasi huruf, angka, dan simbol.

Semakin panjang dan complex password yang digunakan, maka semakin susah untuk di retas. Setelah itu ada, PIN adalah password numerik yang digunakan untuk mengautentikasi user. PIN biasanya terdiri dari angka dan banyak digunakan pada sektor financial. PIN financial biasanya terdiri dari 4-6 digit angka. Jadi terdapat 10.000 – 1.000.000 kombinasi angka.

Tidak hanya itu terdapat pula OTP yaitu password yang valid digunakan untuk satu kali autentikasi user. OTP biasanya terdiri dari kode numerik dan hanya dikirimkan sekali menggunakan algoritma acak membuat semakin sulit untuk diretas.

OTP hanya valid dalam interval waktu yang telah ditentukan sehingga sulit untuk penyerangan berulang atau brute force dan 2FA adalah autentikasi elektronik dimana user diberikan akses ke sebuah web atau aplikasi jika telah berhasil membuktikan 2 bukti atau faktor pada sistem yang bersangkutan.

Mekanisme Autentikasinya, seperti sesuatu yang user tau yaitu pin dan otp, sesuatu yang user punya yaitu kunci dan kartu atm, fingerprint dan suara. Tips agar sosial media kita aman antara lain, gunakanlah kombinasi password yang kompleks dan panjang.

Jangan gunakan password yang berhubungan dengan data diri kita. Jangan gunakan password yang sama untuk semua akun. Jangan berikan kode OTP kepada siapapun. Aktifkan-lah fitur Two Factor Authentication.