Melawan Pelecehan Seksual di Dunia Digital

7
ilustrasi konten digital

BENGKALIS, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital, Kamis (23/9/2021). Tema besar webinar “Melawan Pelecehan Seksual di Dunia Digital” oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Riau yaitu, Drs. H. Syamsuar, M.Si. dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Pembahasan tentang berani lapor kejahatan Siber, ketika terjadi kejahatan di dunia digital hendaknya kita langsung saya melaporkan tindak kejahatan tersebut, saat ini pemerintah telah banyak memfasilitassi masyarakatnya dalam hal konten pengaduan dan pelaporan didunia digital dan dunia maya, agar penggunanya merasa aman ketika berselancar di dunia digital, menurut Drs. Eko Pamuji, M.I.Kom sebagai Sekretaris PWI Jatim, Ketua Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Jatim.

Yoga Mahardika, S.Kom., CHt., CTP Founder PSL Training & Consulting Expert Trainer SDM menjelaskan mengenal lebih jauh cara menyuarakan pendapat di dunia digital memang sering kali kita gunakan sebagai media untuk menyuarakan pendapat yang kita miliki, namun ketika kita menyuarakan pendapat hendaknya pengguna mengetahui aturan-aturan yang harus dilakukan ketika menyuarakan pendapat tersebut karena sudah ada aturan-aturannya sesui dengan UUITE.

Nugrahaning Esa Pratiwi, S.I.Kom., M.I.Kom Dosen Politeknik Bhakti Semesta memaparkan pentingnya fitur keamanan pada aplikasi percakapan dan media sosial. Fitur keamanan merupakan salah satu hal yang sangat penting ketika kita menggunakan aplikasi percakapan sepert WA, IG, dan lain-lain guna menghindari dari kejahatan yang sering terjai di dunia digital seperti peretasan akun saat ini hampir seluruh platform sudah dilengkapi dengan fitur keamanan tinggal kita memanfaatkannya saja.

Dr. Khodijah Ishak, M.E.Sy Dosen STIE Syaria’ah Bengkalis mengemukakan etika berjejaring, jarimu harimaumu, pribahasa jarimu harimaumu saat ini sudah sangat tepat digambarkan di era digital saat ini, karena ketika kita salah menggunakan jari-jari ini dalam mengomentari, memposting maka kita pun akan terjerat hukum yang berlaku yang berkaitan dengan UU IT.

Key Opinion Leader oleh Fiorencia Grecella seorang Content Creatir yang membagikan pengalamannya melawan pelecehan seksual di dunia digital, mari kita Bersama-sama melawan pelecehan seksual di dunia maya dengan melaporkan tindak-tindakan yang berkaitan dengan pelecehan seksual, suarakan pendapat yang sesuai aturan yang berkaitan dengan pelecehan seksual di dunia digital.