Mejadi Generasi Cerdas di Era Digital

6

OKU TIMUR, Info31.id – Indonesia mengalami perkembangan alat komunikasi digital yang begitu pesat seperti teknologi informasi dan komunikasi. Saat ini menjadi generasi cerdas di era masyarakat digital menjadi sebuah keharusan.

“Perkembangan teknologi sudah sangat memudahkan masyarakat untuk melakukan berbagai aktivitas, misalnya saja dalam berbisnis atau membentuk suatu usaha,” ungkap Deky R. Suwarno, Research dan Development GK Invest, dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital – “Menjadi Cerdas di Era Digital”, Selasa (28/9/2021).

Webinar diselenggarakan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika di 77 Kabupaten/Kota, Wilayah Sumatera, dari Aceh hingga Lampung. Hadir dalam acara, Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, Nova Iriansyah dan Bupati Ogan Komering Ulu Timur, Lasonin, memberi sambutan dan mendukungan Literasi Digital Kominfo 2021.

Menurut Deky, dii era digital tidak perlu lagi banyak merekrut karyawan, tidak diwajibkan menyediakan tempat untuk menjalankan suatu bisnis, waktu kerja bisa fleksibel, bahkan penghasilan dapat dihitung dalam kurs dolar. Untuk itulah, sedari dini harus memulai kebiasaan berinvestasi.

“Investasi itu sangat penting dan jangan menunda-nunda untuk memulainya. Salah satu investasi yang paling banyak diminati adalah investasi emas karena ada beberapa hal yang menarik diantaranya adalah minim resiko, tahan terhadap inflasi, dijamin tidak akan bangkrut dan lain sebagainya,” katanya.

Kemajuan digital ini sangat membuka lebar kesempatan berwirausaha bahkan berinvestasi bagi anak muda. Ditambah lagi dengan adanya UU Cipta Kerja dan berbagai program dari pemerintah, diharapkan masyarakat bisa lebih aktif dalam kegiatan UMKM dan mendukung kemajuan perekonomian Indonesia.

Disamping itu, juga ada profesi-profesi baru yang tumbuh di era ini seperti Youtuber, Gamer dan lain sebagainya. Diharapkan, anak muda dapat dengan cerdas membaca berbagai peluang yang terbuka lebar untuk dapat terus mengasah potensi dan minat diri sehingga dapat lebih sukses lagi dalam hal yang positif.