Medsos Jadi Wadah Demokrasi yang Efektif bagi Masyarakat

9

Info31.id -Seiring kiamakin meluasnya jaringan internet dengan ketersediaan beragam platform, Media sosial sebagai salah satu layanan digital sejatinya menjadi wadah demokrasi yang sangat bermanfaat dan efektif.

“Kehadiran media sosial dalam kehidupan kesehari-hari sedikit banyak telah mengubah pola pikir masyarakat penggunanya,” ungkap Widya Rastika, Managing Director Lowell dan Riley Communication Consultant, dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital – “Media Sosial Sebagai Wadah Demokrasi”, Rabu (22/9/2021).

Webinar diselenggarakan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika di 77 Kabupaten/Kota, Wilayah Sumatera, dari Aceh hingga Lampung. Hadir dalam acara, Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, memberikan sambutan dan mendukung penuh Literasi Digital Kominfo 2021.

Sehingga, lanjut Widya Rastika, sebagai pengguna media sosial yang cerdas, masyarakat harus tetap waspada dan berhati-hati dalam penggunaannya. Kemudian, manfaatkan media sosial sebagai subjek yang membangun opini serta positif bukan sebagai objek perpecahan.

“Pengguna media sosial terpopuler di Indonesia yaitu YouTube, WhatsApp, Instagram, Facebook, dan Twitter. Menurut Survei GWI triwulan ketiga 2020 Youtube menjadi media sosial populer di tanah Air yang mencapai pengguna 94 persen,” jelasnya.

Ditambahkan, masyarakat juga harus cerdas bergital di media sosial, kritis dalam berpikir sebelum berbicara, menulis, dan menayangkan pesan gambar atau video. Selanjutnya, bertanggung jawaab terhadap keamanan dengan menghormati privasi, kolaboratif, saling menjaga dan mengingatkan, serta kreatifi dalam belajar.

“Dalam media sosial sebagai wadah demokrasi, kita perlu kebebasan berpendapat yang menjadi salah satu hak asasi manusia. Hak tersebut diatur dalam undang-undang dasar. Karena itu, berpikir sebelum mengunggah sesuatu,” pungkasnya.