Media Sosial Sebagai Wadah Demokrasi

30

WAY KANAN, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital, Jum’at (24/9/2021). Webinar membahas tentang “Media Sosial Sebagai Wadah Demokrasi” oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital.

Sebagai Keynote Speaker Gubernur Provinsi Lampung yaitu, Ir. H. Arinal Djunaidi dan Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Media sosial juga diyakini akan membawa arus kecenderungan bagi semua kalangan dalam berdemokrasi. Hal ini ditandai dengan adanya gaya ber demokrasi yang bersifat universal. Indonesia adalah bangsa yang majemuk terdiri dari berbagai agama, suku, ras dan budaya. Jika politik identitas tumbuh, maka akan mengganggu stabilitas dalam berbangsa dan ber negara.

Pada demokrasi media sosial digunakan untuk penguat demokrasi seperti menggunakan media sosial sebagai media pendidikan politik, menggunakan media sosial untuk menyalurkan aspirasi, menggunakan media sosial untuk meningkatkan partisipasi politik, dan menjalankan fungsi control terhadap pemerintah, menurut Hasim As’ari, S.Pd.i sebagai Guru dan Ketua Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Way kanan.

Irjan A. Sirajuddin, S.A.P sebagai Tenaga Pengajar dan Konsultan mengatakan, Pemanfaatan internet telah mengubah pola hidup dan budaya manusia dalam belajar, bekerja, berkomunikasi, berbelanja dan aspek lainnya. Saat ini masyarakat lebih banyak menggunakan internet dalam berkomunikasi seperti surat elektronik yaitu email, serta jejaring sosial yang dianggap lebih efektif dan efisien.

Key Opinion Leader oleh Nelly Carey sebagai Vocalist dan Influencer menuturkan, etika adalah menurut para ahli baik buruk tingkah laku yang mengandalkan akal budi manusia dengan objektivitas untuk menentukan benar atau salah. Etikalah yang dapat mengatur perilaku manusia kepada manusia yang lainnya.

Suatu ilmu tentang kesusilaan dan perilaku manusia di dalam pergaulannya dengan sesama yang menyangkut prinsip dan aturan tentang tingkah laku yang benar. Mengapa disosial media karena sosial media ruang publik yang dapat diakses oleh semua orang, ruang untuk berkomunikasi, ruang untuk berkarya, ruang untuk mencari, dan mendapatkan informasi.