Media Sosial Sebagai Wadah Demokrasi

4

BATANGHARI, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Kamis (9/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Sebagai Keynote Speaker Direktur Jendral Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc dan Presiden RI Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Tema besar webinar “Media Sosial Sebagai Wadah Demokrasi” oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.
Pembahasan tentang demokrasi sehat pada ruang digital dalam konteks keragaman antara lain, menghargai perbedaan secara universal termasuk latar belakang, kemampuan, cara pandang, pendapat, harapan, tujuan, dan lain-lain.

Masyarakat harus teliti dan cermati setiap infomasi isu, hoax, realita, mengedepankan rasional dan objektivisme, bijak dalam penyampaian ide, gagasan, sudut pandang, pendapat, dan lain-lain pada media sosial, dan bijak dalam menanggapi atau berkomentar.

Selain itu ada pula dengan cara meminimalisir tindakan cyberbullying, selalu menanamkan prinsip bahwa perbedaan adalah aset yang berharga untuk perkembangan, kemajuan, peningkatan karena dalam demokrasi selalu memberikan kondisi pembanding.

Sehingga tanpa disadari individu akan menjadi cerdas, kritis, dan dapat berkembang secara multidimensional, dan meningkatkan kepedulian terhadap perubahan yang terjadi, selalu mengupgrade wawasan dan skill agar literat, menurut Iyut Mardiati, M.Pd sebagai Wakil Kepala Sekolah SMAN 8 Batanghari.

Dr. Achmad Hizazi sebagai Dosen FEB Universitas Jambi mengatakan Manfaatkan media sosial menjadi sarana berkomunikasi untuk pengenalan budaya dan wawasan yang efektif memangkas jarak dan waktu, dengan prinsip menjaga norma dan etika digital.

Manfaatkan media sosial sebagai media bisnis kreatif di tengah pandemi covid-19 ini. Media sosial menjadi sarana dan media dalam berdakwah, belajar, dan berbagai pengetahuan dan pengalaman yang positif. Yang terakhir sebagai sarana untuk berkolaborasi menghasilkan karya positif.

Positif, kreatif, dan aman di Internet, pastikan anda aman di ruang digital, hindari berperilaku negatif sebagai pengguna internet, hindari penggunaan wifi gratis, kelola dan amankan akun serta aset digital dengan yang baik, dan saring sebelum sharing.