Media Sosial Penuhi Rasa Ingin Tahu Masyarakat di Era Digital

7
Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. (Foto : Info31.id / Pool / Dok. Kemenkominfo)

TULANG BAWANG, Info31.id – Media sosial punya dampak positif yang cukup bagi setiap penggunanya. Diantaranya adalah mampu memenuhi rasa ingin tahu, sajian data dalam berbagai kemasan menarik, tautan informasi, mudah diakses, tersedia setiap saat, dan informasi tak terbatas ruang dan waktu (borderless).

Demikian dikatakan Heriansyah, Kepala UPT TIK ITERA, dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital – “Dampak Positif Bermedia Sosial”, Senin (20/9/2021). Webinar diselenggarakan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika di 77 Kabupaten/Kota, Wilayah Sumatera, dari Aceh hingga Lampung.

Hadir dalam acara, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, memberi sambutan serta mendukungan Literasi Digital Kominfo 2021.

Menurut Heriansyah, sosial media juga dapat dipergunakan untuk mencari peluang bisnis dengan cara mengenali lingkungan di sekitar untuk ditampilkan di media sosial, seperti sosial, budaya, dan sumber daya alam. Manfaatkan semua media sosial yang ada untuk meningkatkan pendapatan.

“Caranya, membuat konten menarik untuk ditampilkan. Kemudian, mencari konten edukasi agar selalu mendapat ilmu baru, dan mengikuti akun media sosial yang dapat mengembangkan diri,” paparnya.

Dia meminta masyarakat dapat mengelola media sosial secara produktif agar bermanfaat bagi diri sendiri, misalnya, membentuk komunitas amal maupun belajar online dan pecinta lingkungan, promosi produk lokal industri kecil serta memberikan info lowongan kerja.

“Ada banyak kegiatan positif yang berdampak pada ekonomi masyarakat. Namun, pengguna tetap harus punya etika dalam bermedia sosial. Etika digital dapat dimulai dari cara berkomunikasi, selektif pilih teman atau grup, tidak memberikan rahasia pribadi, stop hoax, pembulian, dan pornografi,” imbuhnya.

Dio Hapsari, Influencer, saat Key Opinion Leader, menambahkan, kemajuan dan perkembangan teknologi di era digital, media sosial memang menjadi faktor utama untuk mencari dan mendapatkan informasi di internet. “Bahkan hal ini juga mendorong masyarakat ataupun remaja Indonesia mulai menjadikan media sosial sebagai sarana mendapatkan informasi,” pungkasnya.