Media Sosial Memegang Peranan Penting di Industri Pariwisata

11

Deli Serdang, Info31.id – Program strategis pariwisata meliputi peningkatan kualitas destinasi, ekonomi kreatif serta digitalisasi dan kadaulatan digital. Dalam era digital, penyebaran dan konsumsi informasi di media sosial terkait aktifitas wisata menjadi penting bagi perkembangan pariwisata.

“Manfaat media sosial bagi destinasi wisata antara lain informasi mudah di akses, lengkap, dapat direview oleh masyarakat, meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan serta menjadi sarana komunikasi efektif antara pengelola dan wisatawan,” ungkap Dewi Yanti, salah seorang pembicara dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital – “Transformasi Pariwisata di Era Digital”, Senin (27/9/2021).

Webinar diselenggarakan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika di 77 Kabupaten/Kota, Wilayah Sumatera, dari Aceh hingga Lampung. Hadir dalam acara, Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo dan Gubernur Provinsi Sumatera Utara, Edy Rahmayadi.

Pembicara lain, Putri Dessy Natalia Siburian, menjelaskan, media sosial adalah media daring dimana antar satu pengguna dengan lainnya bisa secara mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi, dan menciptakan isi blog, jejaring sosial, forum dan dunia virtual tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. “Blog dan jejaring sosial merupaan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia,” katanya.

Sementara itu, Presenter Azmy Zen menjelaskan, dalam media sosial semua orang adalah influencer. Kemudian, folowers adalah soal angka tapi konten yang baik, bermanfaat dan informatif, lambat laun akan mempunyai impact sangat besar, apalagi di industri wisata. “Tingkatkan terus kemampuan kita dengan mempelajari hal-hal baru bagaimaan supaya konten kita bisa lebih reach out,” pungkasnya.