Mau Promosi Pariwisata Cepat Viral? Medsos Saja…

20
Literasi Digital

Musi Rawas Utara, Info31.id – Pemanfaatan media sosial seperti Instagram terbilang cukup efektif dalam mempromosikan sektor pariwisata. Hingga kini, aplikasi media sosial ini masih menjadi salah satu yang populer sebagai sarana promosi atau marketing. Kelebihan Instagram dapat menyampaikan pesan dari suatu brand melalui foto atau video.

“Promosi melalui Instagram menimbulkan kepercayaan bagi konsumennya karena banyak testimoni maupun komentar-komentar yang bermanfaat bagi pengguna untuk mengetahui informasi lebih,” kata Yesi Oktarina Mulyadi, Instruktur Tari Politeknik Pariwisata Palembang, dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital – “Transformasi Pariwisata di Era Digital”, Senin (27/9/2021).

Webinar diselenggarakan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika di 77 Kabupaten/Kota, Wilayah Sumatera, dari Aceh hingga Lampung. Hadir dalam acara, Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, Herman Deru, dan Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex Noerdin.

Dosen Universitas Internasional Batam, Golan Hasan, mengatakan, strategi promosi wisata dapat dilakukan dengan membangun identitas atau brand, seperti logo, icon, slogan, dan tagline. Kemudian, merek wisata harus berkesan secara estetika, mudah diingat, simpel, terbaca, dan menjadi pusat perhatian.

“Pengembangan pariwisata perlu melibatkan banyak pihak. Diantaranya dengan mengoptimalkan media sosial sebagai sarana promosi dan meningkatkan strategi storytelling menarik wisatawan. Selain itu, melakukan digital marketing, seperti membuat website, blog, dan aktif dalam sosial media,” paparnya.

Drummer dan Influencer, Uzie Anggana, menambahkan, promosi pariwisata saat ini sudah mulai beralih kearah digital dan modern. “Dalam melakukan promosi, umumnya mereka menggunakan media sosial sehingga jangkauannya lebih luas. Dimana, orang yang melihat bisa lebih banyak, tidak ada batas jarak mapun waktu,” pungkasnya.