Masyarakat Wajib Lindungi Diri di Dunia Digital

5

PADANG LAWAS UTARA, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Sabtu (18/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Keynote Speaker Gubernur Provinsi Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi. Webinar membahas “Lindungi Diri di Dunia Digital” oleh para narasumber berkompeten di bidang masing-masing serta seorang influencer.

Menurut Rahmad Hidayat, S.Si., M.M, dalam pemanfaatan teknologi informasi, perlindungan data pribadi merupakan salah satu bagian dari hak pribadi. Tips untuk melindungi data pribadi di internet, antara lain pastikan pengguna tidak menunjukkan data pribadi, jangan membuka tautan mencurigakan di dalam e-mail, SMS, atau kanal lain, gunakan perangkat lunak atau software yang legal, jangan gunakan koneksi internet wireless atau Wi-Fi di sembarang tempat, serta ganti kata sandi beragam akun secara berkala.

Ditambah materi oleh Dickey Eikal, langkah jejak digital agar positif, dengan cara periksa jejak digital dengan menulis nama kita di google, periksa ulang unggahan, tinjau unggahan atau status sebelum diunggah, rutin ubah password, hapus aplikasi tidak terpakai, gunakan email berbeda utuk daftar aplikasi, serta tijau cookies atau syarat dan ketentuan saat unduh aplikasi.

Manfaat artificial intelegence, menurut Ruri Susanti, M.Pd., Gr., meliputi bekerja lebih cepat, akurat, dan minim kesalahan yang diakibatkan oleh kelelahan juga kecerobohan, menganalisis jenis dan target promosi yang lebih strategis, bekerja dengan tingkat akurasi yang tinggi, dan konsisten, serta akses terhadap data yang luas.

Diakhiri dengan key opinion leader oleh Tenny Clemenstine, menjelaskan perlunya melindungi data diri di media sosial agar data diri tidak digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab karena kebutuhan pribadi yang dapat merugikan korban. Tenny membahas perlunya menjaga jejak digital tetap bersih di media sosial karena jejak digital dapat berpengaruh pada masa depan sata melamar pekerjaan.