Masyarakat Harus Bijak Bermedia Digital

11

PADANG SIDEMPUAN, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Selasa (14/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi. Webinar membahas “Bijak Bermedia Digital” oleh para narasumber berkompeten di bidang masing-masing serta seorang influencer.

Bijak dalam bermedia kini masih memiliki peran di masyarakat dalam jejak digital, dunia maya, dan bijak dikolom komentar. Menurut Tiro Sanchabakhtiar, sebagai Founder Planet Design Indonesia, menjelaskan jejak digital adalah sesuatu informasi yang tampil di dunia maya tentang seseorang yang dimuat oleh orang tersebut atau pihak lain baik sengaja atau pun tidak sengaja.

Jejak digital itu tidak bisa dihapus mereka akan selalu ada dan tersimpan di Cloud. Maka dari itu segala sesuatu tindakan kita di dunia maya selalu terekam, sengaja atau tidak. Penyalahgunaan jejak digital juga sering dan akan terus terjadi alangkah baiknya pengguna internet bijak dalam bermedia digital.

Dalam bermedia tak lepas dari namanya media sosial yang perlu diperhatikan bagi pengguna internet salah satunya kolom komentar. Ketika sebuah konten yang dibagikan melalui media sosial seperti instagram, youtube, facebook, atau pun sosial media lainnya, ada bagian yang justru terkadang lebih menarik dilihat daripada konten itu sendiri.

Hal yang menarik sering kita temuai di kolom komentar. entah komentar yang positif, negatif, bahkan komentar yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan konten itu sendiri yang biasa dalam bentuk iklan dari barang atau pun jasa.

Dalam berkomentar ada efek negatif ke diri sendiri seperti tidak fokus terhadap diri sendiri, lupa waktu, lebih mementingkan orang lain, mencari-cari kesalahan, tidak tenang, dan dibicarakan orang lain. Selain itu perlu diketahui juga tentang efek negatif media sosial yang perlu diwaspadai seperti gangguan kesehatan fisik, terpapar konten negatif, hoaks, menggangu relasi, dan bisa memicu kejahatan.