Masyarakat Diminta Bijak Bermedia Digital

8
ilustrasi konten digital

MUARO JAMBI, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Kamis (16/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Keynote Speaker Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Samuel Abrajani Pangerapan, B.Sc dan Presiden RI Jokowi. Tema besar webinar “Bijak Bermedia Digital” oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Pembahasan tentang digital fraud adalah penipuan atau penyalahgunaan yang mengakibatkan seseorang atau kelompok mengalami kerugian dalam dunia digital. Kemajuan digital atau teknologi memberikan banyak manfaat dan kemudahan. Namun sering kali dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Penipuan Digital biasanya melalui media sosial,email, telfon, hingga aplikasi. Tips dan trik menghindari penipuan, pertama menjaga informasi pribadi: nama lengkap, No HP, alamat, no KTP, nomer rekening atau kartu kredit, foto kartu ATM atau KREDIT, dan lebih teliti terhadap akun atau instansi yang meminta informasi tersebut.

Kedua jangan memberikan kode OTP: OTP atau one-time password merupakan kode yang dikirimkan melalui sms atau email, kode OTP ini berfungsi untuk menjadi validasi atau sebagai bukti bahwa anda memberikan persetujuan untuk melakukan suatu Langkah konfirmasi suatu transaksi, menurut Kevin Sutedja, S.Ikom., M.Sc sebagai E-Commerce & Strategic Marketing Specialist.

Narsum kedua yaitu Bambang Febrianto sebagai General Treasurer Of Sobat Cyber Indonesia mengatakan bahwa cara bijak tangkas bermedia digital sebagai berikut hanya unggah konten bermanfaat, jaga dan lindungi privasi data pribadi, akses situs positif dan aman, hanya percaya dengan situs resmi, baca syarat dan ketentuan yang berlaku, aktifkan pengaman tambahan seperti Two-Factor Authentication, gunakan selalu perangkat pribadi dan simpan bukti transaksi, dan jadilah pengguna internet bijak. “Kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat pelakunya, tetapi juga karena ada kesempatan”.