Masyarakat Digital Bijak Beretika di Internet

11

BUKIT TINGGI, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Jum’at (3/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Keynote Speaker Gubernur Provinsi Sumatera Barat, H. Mahyeldi Ansharullah, S.P dan Presiden RI Jokowi. Tema besar webinar “Bijak Beretika di Internet” oleh para narsum berkompeten di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Pembahasan tentang etika digital Kemampuan individu dalam menyadari dan menyesuaikan diri dalam berperilaku di dunia digital. Bahwa menggunakan media digital mestinya diarahkan pada suatu niat, sikap, dan perilaku yang etis demi kebaikan bersama, menurut Fajar Romadhona, S.Kom, MM sebagai HUB & Sales Manager PT. Sanatela.

Cara bijak beretika di internet atau media sosial sebagai berikut bijaklah dalam memberikan komentar, dalam berinteraksi di media sosial gunakan bahasa yang baik dan sopan, jangan takut untuk melaporkan akun yang bermasalah dan meresahkan, apabila melakukan screen shots percakapan sebaiknya tidak digunakan untuk merugikan orang lain, dan bijaksana dalam memberikan tanda like/love/suka.

Semua orang ingin bebas tapi kebebasan satu orang tidak boleh mengganggu kebebasan orang lainnya. pendapat adalah hak setiap warga negara untuk menyampaikan pikiran dengan lisan, tulisan, dan sebagainya secara bebas dan bertanggung jawab sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Jejak digital yang Irreversible atau tidak dapat ditarik kembali. Oleh karena itu, penting untuk menanamkan dalam diri setiap individu mengenai bijak beretika di internet, menurut Rio Andika Malik, S.Kom., M.Kom sebagai Dosen & Ketua Program Studi S1 Bisnis Digital Universitas Perintis Indonesia.