Masyarakat Digital Bijak Beretika di Internet

6

OGAN KOMERING ILIR, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Jum’at (17/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Keynote Speaker Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru, S.H; Bupati Kabupaten Ogan Komering Ilir, H. Iskandar, S.E dan Presiden RI Jokowi memberikan sambutan dan mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang “Bijak Beretika di Internet” oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Sri Yulianti, S.Si., M.Pd sebagai Dosen UNISKI Kayuagung, mengatakan etika internet adalah seperangkat prinsip moral yang mengatur individu atau kelompok tentang perilaku apa yang dapat diterima saat menggunakan media sosial.

Prinsip dalam berinternet dan bermedia sosial antara lain, penerimaan, kepekaan terhadap budaya nasional dan lokal, berpura-pura menjadi orang lain, dan jangan oversharing, jejak digital susah di hapus, dan ikuti atau follow akun yang bermanfaat.

Drs. Eko Pamuji, M.I.Kom menuturkan, kumpulan semua jejak data digital dokumen atau akun yang tertinggal atau tersedia di alat-alat digital offline maupun yang disimpan secara online terhubung ke internet atau dunia maya.

Semua unggahan di internet atau media digital apa pun, yang bisa memberi respon citra baik bagi para pembaca. Misalnya unggahan promosi, personal branding, motivasi, bertutur kata sopan, menggalang solidaritas sosial, konten yang membangun, bermanfaat, dan semacamnya.

Memanfaatkan internet bisa dengan cara menggunakan marketplace, keuntungan marketplace antara lain, biaya yang lebih efisien, pengelolaan yang lebih muduah, potensi pasar yang lebih luas dan besar, dan pembeli lebih merasa aman. Perilaku konsumen digital adalah membandingkan kualitas melalui review, menyukai personalisasi, dan selalu ingin mengikuti trend, menurut JS Pratomo sebagai CEO Teras Ide.

Eman Priyanto S.Psi menuturkan, belanja online adalah kegiatan pembelian barang dan jasa melalui media Internet. Melalui belanja lewat Internet seorang pembeli bisa melihat terlebih dahulu barang dan jasa yang hendak ia belanjakan melalui web yang dipromosikan oleh penjual. Keuntungan belanja online antara lain, pilihan yang bervariasi, banyak promo, praktis, dan efisien.

Key Opinion Leader Feillycia Maranddy sebagai Beauty, Fashion, and Lifestyle Influencer memaparkan sebagai pengguna internet kita harus bijak dalam menggunakan internet, karena banyak dampat negatif jika kita tidak tepat menggunakan internet. Termasuk terekamnya jejak digital, yang tidak akan pernah terhapus.