Masyarakat Digital Bijak Beretika di Internet

7

LAHAT, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Selasa (14/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Keynote Speaker Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, H. Herman Deru, S.H. Webinar membahas “Bijak Beretika di Internet” oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang influencer yang akan ikut berpartisipasi.

Kemajuan dan perkembangan di era digital yang salah satunya media sosial untuk sekarang memang menjadi faktor utama untuk mencari dan mendapatkan informasi di internet. Menurut Maryoto, sebagai Staf Khusus Bupati Lahat Bidang Pariwisata dan Ekraf, menjelaskan peran penting media sosial pada era milenial sangat penting bukan hanya untuk kebutuhan komunikasi tetapi juga bersosialisasi dan berbisnis.

Bahkan hal ini juga mendorong masyarakat ataupun remaja Indonesia mulai menjadikan media sosial sebagai sarana mendapatkan informasi. Dalam bijak beretika di internet dengan mengenal dan memahami rekam jejak digital serta tips mengenali berita palsu dan verifikasi dalam media sosial.

Pentingnya etika dalam menggunakan media sosial agar tidak terkena dampak negatif bagi para pengguna. Dengan melakukan cara bersikap hormat kepada siapa pun di akun media sosial yang dimiliki, hindari kata-kata kasar, hindari pembicaraan yang mengandung SARA, dan utamakan sopan santun.

Dalam berinternet jangan hanya sekedar posting namun pilih konten yang bermanfaat, informati, tidak provokatif dan menyinggung semua pihak. Sebagai pengguna internet gunakan bahasa yang benar dan mudah dimengerti oleh orang lain.

Pilih akun yang tepat di media sosial dengan bijak memilih, mengikuti akun yang sesuai dengan kesukaan atau yang bermanfaat, dan akun yang diikuti dapat mempengaruhi pola pikir yang sehat. Meski begitu tetap jaga privasi dengan cara jangan mencantumkan data pribadi secara detail, jangan mengumbar aktifitas pribadi, dan menghindari kejahatan di media sosial.