Mantap! Pantun Moderasi Beragama PWN PTK 2021 Cetak Rekor Dunia

37
Rekor MURI Pantun Moderasi Beragama Terbanyak di dunia. (Foto: info31.id/Pool/Dok. Kemenag)

PALEMBANG, info31.id – Perhelatan Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK) XV yang berlangsung di Palembang berhasil mencetak rekor dunia. Museum Rekor Indonesia (MURI) mencatat 35 ribu pantun moderasi beragama sebagai yang terbanyak di dunia.

Rekor ini dipecahkan dalam event PWN PTK XV di UIN Raden Fatah Palembang. Pencatatan rekor ini sebagai tanda komitmen mahasiswa pramuka Perguruan Tinggi Keagamaan terhadap penguatan moderasi beragama.

“Rekor MURI untuk Pantun Moderasi Beragama Terbanyak juga akan dicatatkan ke Guinness World Records karena memang betul-betul terbanyak,” kata Ketua Panitia, Kemas Badarudin saat acara Pembukaan Perkemahan Wirakarya Nasional PWN PTK XV Tahun 2021 di Main Dining Hall Jakabaring Spot Center Kota Palembang, belum lama ini.

Penghargaan MURI ini secara internal juga diberikan kepada para penyumbang pantun. UIN Sultan Thaha Saifuddin (STS) Jambi menjadi penyumbang terbanyak, dengan 1.503 Pantun Moderasi Beragama. Sekolah se-Sumsel menyumbang 1.311 pantun. Untuk penyumbang pantun terbanyak secara personal, disematkan kepada Aktivis Pramuka Fajar Kamizi.

Piagam Rekor MURI di event PWN PTK XV yang berlangsung 9-14 November 2021 diserahkan Perwakilan MURI kepada Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Ditjen Pendidikan Islam Suyitno dan Rektor UIN Raden Fatah Palembang Nyayu Khadijah.

PWN PTK XV 2021 dibuka secara resmi Menteri Agama Yaqut Cholil Qaumas dan dihadiri Sekjen Kwarnas Mayjen TNI (purn) Bachtiar, Sekjen Kemenag Nizar Ali, 58 Rektor/Ketua PTKIN-se-Indonesia dan pejabat Eselon I, II, III Kemenag serta unsur Gerakan Pramuka dari Kwarda hingga Kwarcab.

Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani mengatakan, PWN PTK ke XV 2021 diselenggarakan dengan system Blanded Camp, yaitu kegiatan yang dilaksanakan dengan perpaduan kegiatan daring dan luring. “Kegiatan perkemahan dirancang memadukan antara pengembangan wawasan, pelatihan/workshop dan bhakti pramuka ke masyarakat,” katanya.

Di hadapan 1.176 peserta perkemahan, baik luring maupun daring, Dhani menerangkan sejumlah kegiatan pengembangan wawasan, di antaranya Wawasan Moderasi Beragama, Pencegahan dan Penanganan Covid-19, Dialog Pemuda Lintas Iman, Genereasi Millenial Effect dan Indonesia Emas 2045, Optimalisasi Media Sosial dan Transformasi Digital, Safe from harm/Perlindungan dari Perundungan, Jumpa Tokoh, Hypnoteraphy Berbasis lingkungan, Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat dan lain-lain.

Adapun kegiatan Bhakti Pramuka di Masyarakat, antara lain berupa kunjungan ke rumah ibadah (Gereja Katolik St. Maria Ratu Rosario, Vihara Padmajaya, Kelenteng Tek Kim Tong, dan Pure Agung Sriwijaya), kunjungan ke beberapa madrasah di Kota Palembang, penanaman 5.000 pohon, pembuatan 5.000 biopori, tabur 10.000 benih ikan, distribusi donasi buku perpustakaan, vaksinasi dan pembagian masker juga handsanitizer.