Manfaatkan Medsos sebagai Wadah Demokrasi yang Efektif

7

DELI SERDANG, Info31.id – Sejatinya kebebasan pendapat tidak melampaui batas. Untuk itu, saat seseorang akan menyampaikan pendapat di dunia maya maupun dunia nyata harus merujuk pada norma dan etika. Manfaatkan media sosial menjadi sarana berkomunikasi yang efektif.

“Media digital bisa dijadikan wadah untuk saling mendukung suksesnya pesta demokrasi di negara Indonesia. Namun, selektif menerima informasi politik adalah salah satu cara bijak berdemokrasi secara digital,” ujar Cristyan Hasudungan Pasaribu Habayah, dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital – “Bijak Beretika di Internet”, Selasa (21/9/2021).

Webinar diselenggarakan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika di 77 Kabupaten/Kota, Wilayah Sumatera, dari Aceh hingga Lampung. Hadir dalam acara, Presiden RI Joko Widodo dan Gubernur Provinsi Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, memberikan sambutan dan mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Pembicara lain, Agung Pramudya Wijaya, meminta agar masyarakat menghindari transaksi keuangan saat menggunakan wifi publik. Sebab, hal itu akan membuka peluang akun seseorang dapat diretas oleh hacker. “Jadi usahakanlah menggunakan kuota data berbayar demi keamanan transaksi kita,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Agung juga berbagi tips agar transaksi digital aman, antara lain rutin mengganti password atau PIN serta tidak sembarangan memberikannya kepada orang lain. Abaikan jika ada pesan atau telepon meminta OTP dan PIN serta memantau notifikasi dari tiap transaksi.

Dalam Key Opinion Leader, Irfadillah, Theatre Actor, mengingatkan perlunya bersikap bijak dalam menggunakan internet agar tidak terkena tindak pidana hukum. Menjaga diri tetap sehat di internet dengan tidak menyebarkan hoax, mengunggah data pribadi, dan menggunakan kata yang sopan dan santun.