Manfaatkan Media Digital untuk Produktifitas UMKM

6
Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. (Foto: Info31.id / Pool / Dok. Kemenkominfo).

WAY KANAN, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital, Jum’at (24/9/2021). Webinar membahas tentang “Masyarakat Digital” oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital.

Sebagai Keynote Speaker Gubernur Provinsi Lampung yaitu, Ir. H. Arinal Djunaidi dan Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Tantangan dunia digital di Indonesia antara lain, perluasan infrastruktur digital, penyelesaian roadmap transformasi digital, adopsi teknologi baru, penyiapan talenta digital, penyiapan regulasi pendukung, dan Pendanaan, menurut Eko Prasetyo Instruktur Literasi Provinsi Lampung dan Pengiat Literasi Kab. Way Kanan.

Selain itu, masyarakat digital menggunakan media sosial untuk produktivitas UMKM seperti E-Market. E-Market merupakan suatu jenis pemasaran dengan menggunakan bantuan internet melalui berbagai media yang berbasis online. Manfaatkan media sosial juga menjadi sarana berkomunikasi untuk pengenalan budaya dan wawasan yang efektif memangkas jarak dan waktu, dengan prinsip menjaga norma dan etika digital.

Manfaatkan media sosial sebagai media bisnis kreatif di tengah pandemi covid-19 ini. Manfaatkan media sosial menjadi sarana dan media dalam berdakwah, belajar, dan berbagai pengetahuan dan pengalaman yang positif. Manfaatkan medsos sebagai sarana untuk berkolaborasi menghasilkan karya positif, menurut Halimatussa’diyah, S.Pd sebagai Ketua Fatayat PC. Way kanan dan Owner Dapur Way Kanan.

Digital Fraud adalah penipuan atau penyalahgunaan yang mengakibatkan seseorang atau kelompok mengalami kerugian dalam dunia digital. Kemajuan digital atau teknologi memberikan banyak manfaat dan kemudahan. Namun sering kali dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Tips menghindari penipuan digital menjaga informasi pribadi, jangan mudah tergiur dengan hadiah atau keuntungan, jangan memberikan kode OTP, dan percaya sumber yang kredible.

Jenis-jenis penipuan antara lain, mengirim pesan kepada korban dalam bentuk sms atau email, mengambil alih akun orang lain, dan pelaku memberikan ancaman atau peringatan palsu, menurut Kevin Sutedja, S.Ikom., M.Sc sebagai E-Commerce dan Strategic Marketing Specialist.

Key Opinion Leader oleh Adhietya Mukti sebagai Musisi mengatakan bahwa sebagai masyarakat digital kita harus cerdas dalam menggunakan media sosial. Karena jika kita tidak bisa mengikuti kemajuan teknologi dengan baik dan benar kita akan semakin tertinggal. Banyak hal-hal yang bermanfaat yang bisa dilakukan seiring berkembangan digital yang semakin berkembang.