Mall Boxies 123 Jadi Magnet Baru ‘Kota Hujan’

Bogor, info31.id – Sektor pariwisata diyakini bakal berkontribusi besar terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bogor. Mengingat, letak geografis ‘Kota Hujan’ cukup strategis, dikelilingi wilayah Kabupaten Bogor dengan jumlah penduduk terbesar di Provinsi Jawa Barat.

Mengacu pada data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk di Kabupaten Bogor mencapai 5,8 juta jiwa per Agustus 2019. Kemudian posisi kedua Kabupaten Bekasi (3,6 juta) dan ketiga Kabupaten Garut (2,6 juta). Kota Bogor sendiri hanya berpenduduk 1,1 juta jiwa.

“Dengan jumlah penduduk sebesar itu maka sektor pariwisata berpotensi berkembang pesat. Selama ini pariwisata memang menjadi sektor ekonomi unggulan Kota Bogor yang dibuktikan dengan tumbuhsuburnya bisnis perhotelan,” terang Bima Arya Sugiarto, Walikota Bogor, saat sambutan acara pembukaan Mall Boxies 123, Sabtu (11/01).

Bima Arya menyebut, sepanjang tahun 2019, sektor pariwisata mampu berkotribusi sebesar 25% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Kota Bogor. Diharapkan, kehadiran Mall Boxies 123 akan menjadi magnet baru bagi Kota Bogor. Mengingat, selama ini tempat pemenuhan kebutuhan gaya hidup masyarakat Kota Bogor saja masih terpusat pada salah satu sentra perbelanjaan di tengah kota.
“Bayangkan dengan jumlah penduduk Kota Bogor yang mencapai lebih dari 1 juta jiwa, hanya terkonsentrasi di satu atau dua mall, apakah mereka bisa tertampung dan kebagian parkiran,” ucap bima seraya tersenyum.

Pada kesempatan yang sama, General Manager Mall Boxies 123 Jozarki Terunajaya menjelaskan, pusat belanja dan gaya hidup tersebut dibesut oleh pengembang properti PT Sinar Indonesia Loka (SIL), pada area seluas 30.000 meter per segi, di Jalan Raya Tajur No. 123, Bogor Timur, Kota Bogor.

Mengusung konsep Indoor Outbond (Inbound) yang memadukan tempat-tempat pemenuhan kebutuhan belanja serta lifestyle di dalam dan luar ruangan. Untuk kebutuhan indoor, PT SIL menyediakan pusat perbelanjaan setinggi lima lantai dengan tiga blok bangunan seluas 50.000 m2. Di dalamnya sudah terisi tenant-tenant besar dengan brand ternama seperti Aeon Supermarket, Cinema XXI, Ace Hardware, Fun World, Apple Bee, Selma, dan lainnya. Di sana dilengkapi 10 lantai area parkir untuk kendaraan roda empat dengan kapasitas 700 unit dan kendaraan roda dua sebanyak 500 unit.

Sedangkan untuk outdoor, PT SIL rela mengalokasikan sebesar 60% dari total lahan pengembangan bagi ruang terbuka hijau (RTH). Di sini, tersedia berbagai fasilitas publik seperti kebun binatang mini (BoxZoo) sebagai sarana edukasi dan interaksi antara manusia dengan hewan, antara lain Kelinci, Kambing, Kuda, Burung, dan lainnya. Bahkan bagi pengunjung yang senang bersua foto, di sini juga tersedia taman terbuka (Box Yard).

Dipastikan hasil jeptetan kamera para pengunjung bertambah cantik dengan aneka tanaman bunga serta kerlap kerlip lampu warna wani berbentuk kotak yang menghiasi taman. Pada kawasan taman ini tersedia 50 lot parkir kendaraan roda empat di area terbuka guna menambah kenyamanan para pengunjung.

“Desain bangunan unik dengan area terbuka hijau cukup luas ditambah view Gunung Salak serta kesegaran udaranya, memastikan setiap pengunjung kian betah berlama-lama di tempat belanja dan lifestyle tersebut,” ungkap Jozarki berpromosi.

Menariknya, mall yang diberi nama sesuai domisilinya tersebut tetap mempertahankan bangunan bersejarah sebagai cagar budaya. Sebelumnya, gedung ini merupakan pabrik pembutan kain drill yang telah berdiri sejak tahun 1957 dengan bahan bangunan impor dari Cekoslovakia. “Hingga sekarang bentuk serta seluruh bagian dari gedung ini masih terjaga keasliannya,” imbuhnya.

Komisaris PT SIL Anton Suleiman punya keyakinan bahwa berbagai keunggulan dan keunikan yang dimiliki Mall Boxies 123 akan menjadi destinasi wisata berbelanja dan hiburan keluarga baru sehingga dapat meningkatkan PAD Kota Bogor. “Sebagai wujud komitmen dalam membantu pertumbuhan ekonomi dan bisnis Kota Bogor, kami telah memutuskan sekitar 80 persen karyawan Mall Boxies 123 merupakan warga asli Kota Hujan,” pungkasnya. (DEDE)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here