Literasi Digital Tingkatkan Kemampuan Kognitif Anak

12

Banyasin, Info31.id – Mom Influencer, Ana Livian, dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital – “Literasi Digital bagi Tenaga Didik dan Anak Didik di Era Digital”, Jum’at (17/9/2021), mengatakan, literasi digital bagi tenaga didik dan anak didik di era digital sangat penting untuk mendidik anak menjadi berkelakuan baik. Tenaga didik harus memastikan pendidikan di sekolah sudah sesuai perkembangan anak didik.

Webinar tersebut diselenggarakan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika di 77 Kabupaten/Kota, Wilayah Sumatera, dari Aceh hingga Lampung. Hadir dalam acara, Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, Herman Deru dan Bupati Kabupaten Banyuasin, Askolani. Kehadiran ketiga pejabat ini dalam rangka memberikan sambutan sekaligus mendukung kegiatan Literasi Digital Kominfo 2021.

Hal senada diungkapkan, Seklur Jakabaring Selatan, Fathur Rahman. Menurutnya, literasi digital berfungsi meningkatkan kemampuan kognitif sumber daya manusia di Indonesia agar keterampilannya tidak sebatas mengoperasikan gawai. Batasan kebebasan sebagai seorang pendidik dan peserta didik untuk berekspresi di dunia digital adalah terhindar dari pengaruh buruk kemajuan teknologi.

“Untuk diperlukan pembimbingan dan pengawasan terhadap peserta didik, baik oleh guru maupun orang tua. Dengan begitu, pengaruh positif dari kemajuan teknologi digital dapat bermanfaat pengguna di dunia pendidikan terutama bagi proses belajar dan mengajar,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, peran pendidik dan orang tua dalam mendidik generasi alpha diantaranya melakukan eye contact serta komunikasi dua arah. Hal ini penting bagi perkembangan anak. Selanjutnya, memberi anak permainan edukatif. Bila melalui gadget, usahakan lebih interaktif, misalnya, memilih aplikasi yang membuat anak mengerti bentuk, warna, menyusun puzel atau menirukan suara binatang.