Literasi Digital Bermanfaat bagi Dunia Pendidikan

9

LUBUKLINGGAU, Info31.id – Literasi digital bermanfaat untuk meningkatkan wawasan, kemampuan, sikap lebih berfikir kritis dalam memahami informasi. Kemudian, meningkatkan kemampuan intelektual, menambah penguasaan kosa kata maupun kemampuan individu dalam membaca, merangkai kalimat serta menulis dan tidak mudah terjebak pada perbuatan melanggar hukum.

“Literasi digital adalah kemampuan menggunakan media digital, alat-alat teknologi komunikasi dalam menemukan, menganalisa, dan menggunakan informasi serta memanfaatkannya secara bertanggung jawab, cerdas dan cermat,” papar Hendri Almawijaya, Komisioner KPU Provinsi Sumatera Selatan, dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital – “Literasi Digital bagi Tenaga Didik dan Anak Didik di Era Digital ”, Selasa (21/9/2021).

Webinar diselenggarakan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika di 77 Kabupaten/Kota, Wilayah Sumatera, dari Aceh hingga Lampung. Hadir dalam acara, Presiden RI Joko Widodo; Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, Herman Deru; dan Walikota Lubuklinggau, SN. Prana Putra Sohe.

Tiwi Dewanti K, Ketua Program Study SMK BPP Bandung dan Assesor BNSP menambahkan, digital skill bagi pendidik dalam belajar online antara lain mengumpulkan semua informasi, mengemasnya dalam sebuah konten, dan menjaga keamanan serta privasi. Kemudian, mengkomunikasikan konten melalui platform yang sesuai dan tidak ragu bertanya serta berkolaborasi untuk mengatasi kesulitan dalam menggunakan media online.

“Adapun digital skill bagi peserta didik adalah membuat rekam pembelajaran, komunikasikan hasil pembelajaran dan tidak ragu menyampaikan kesulitan pada guru. Selanjutnya, berkolaborasilah dengan teman dalam menggali dan mengkonstruksi pembelajaran,” terangnya.

Dalam Key Opinion Leader, Yoeriche, Pelajar sekaligus Model, memaparkan bahwa literasi digital sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Selain itu, guru juga harus memberikan pembelajaran yang mudah dimengerti dan menyenangkan bagi anak.