Literasi Digital Bagi Tenaga Didik dan Anak Didik di Era Digital

9

BANYUASIN, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Senin (13/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Keynote Speaker Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, H. Herman Deru, S.H; Bupati Kabupaten Banyuasin, H. Askolani, S.H., M.H; dan Presiden RI Jokowi memberikan sambutan dan mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang “Literasi Digital Bagi Tenaga Didik dan Anak Didik di Era Digital” oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Pemanfaatan internet dan aplikasi belajar selama pembelajaran jarak jauh. Masa depan dunia pendidikan merupakan kombinasi pertemuan daring, pertemuan luring, dan belajar mandiri. Literasi digital adalah kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk menemukan, mengevaluasi, memanfaatkan, membuat, dan mengomunikasikan konten atau informasi dengan kecakapan kognitif maupun teknikal.

Literasi digital berfungsi berfungsi untuk meningkatkan kemampuan kognitif sumber daya manusia di Indonesia agar keterampilannya tidak sebatas mengoperasikan gawai. Sebagai tingkat paling dasar, kemampuan literasi digital merupakan hal yang paling krusial dalam mewujudkan transformasi digital. Masyarakat Indonesia tidak boleh hanya sekedar mengenal teknologi, tapi juga harus cermat menggunakannya.

Kewajiban orang tua di era digital yaitu harus paham digital parenting, dan orang tua sebagai manager teknologi di rumah. Beberapa pengetahuan seputar digital parenting antara lain, komunikasi, orang tua paham teknologi digital, menggunakan aplikasi parental control, membuat aturan yang disepakati, dan teknologi adalah tempat bermain bersama.

Tips agar anak aman berinternet antara lain, mengenali platform, memulai obrolan, menjaga komunikasi, dan bertanggungjawab. Metode anak aman memain gadget antara lain, aktif mengawasi, mengatur waktu interaksi, membatasi akses situs, dan melakukan pemantauan.