Lindungi Diri di Dunia Digital

8

DELI SERDANG, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Selasa (21/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Keynote Speaker Gubernur Provinsi Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi. Webinar membahas “Lindungi Diri di Dunia Digital” oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang content creator yang akan ikut berpartisipasi.

Di era digital saat ini melindungi diri di dunia digital sudah satu keharuasan salah satunya tanda tangan digital. Menurut Harliantara, sebagai Dosen UNITOMO Surabaya dan Content Creato, menjelaskan Tanda tangan elektronik juga menjadi sebuah informasi elektronik yang merupakan satu atau sekumpulan data elektronik termasuk tetapi tidak terbatas pada tulisan, suara, gambar, peta, rancangan, foto, electronic data interchange (EDI), surat elektronik, telegram, teleks, telecopy dan sejenisnya.

Ada proses tanda tangan digital yaitu Kedua belah pihak yang akan berkomunikasi harus menyiapkan sepasang kunci, yaitu kunci privat atau dirahasiakan (private key) dan kunci public atau sertifikat digital (public key). Tanda tangan Digital dikatakan sah apabila memenuhi syarat tertentu yang diatur dalam undang-undang. Dalam UU ITE Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Cara membuat tanda tangan digital yakni harus memiliki sertifikat digital terlebih dahulu untuk bisa membuat tanda tangan digital yang terdapat dalam dokumen PDF dan aplikasi online dengan cara masuk ke dalam situs https://bsre.bssn.go.id/, Lalu klik tombol Login yang terdapat sebelah kanan website tersebut.

Tanda tangan digital yang sudah tersertifikasi akan sulit untuk dipalsukan karena dilengkapi enskripsi dengan keamanan tingkat tinggi. Jadi, pastikan kita menggunakan tanda tangan digital bersertifikat dengan baik demi kelancaran dan keamanan dalam bertransaksi.