Lindungi Diri dari Penipuan di Ruang Digital

6
ilustrasi konten digital

BANYUASIN, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital, Jum’at (24/9/2021). Webinar membahas tentang LINDUNGI DIRI DARI PENIPUAN DI RUANG DIGITAL oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang content creator yang akan ikut berpartisipasi.

Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.
Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Selatan yaitu, H. Herman Deru, S.H dan Bupati Banyuasin yaitu H. Askolani, S.H., M.H, yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.

Teknologi internet menjadi bagian penting kehidupan sehari-hari yang membawa banyak perubahan besar. Dengan itu, keamanan dan keselamatan digital menjadi hal penting. Menurut Tiro Sanchabakhtiar, sebagai Founder Planet Design Indonesia, menjelaskan waspada adalah kunci pertama untuk melindungi diri di dunia nyata dan dunia maya.

Penipuan menjadi kejahatan yang paling sering tidak dilaporkan, karena biasanya korban gengsi bila bisa jadi korban penipuan. Meski begitu sebagai pengguna internet perlu yang namanya cara terhindar dari penipuan di ruang digital seperti menjaga informasi pribadi, jangan memberikan kode OTP, jangan mudah tergiur dengan hadiah atau keuntungan yang ditawarkan, tidak mentransfer ke rekening pribadi, dan hanya percaya informasi di situs resmi.

Berbelanja online menjadi prioritas bagi pengguna internet untuk keperluan diri sendiri di masa pandemi. Ketika sedang berbelanja online usahakan mereka berbadan hukum, bereputasi dan diawasi oleh lembaga pemerintah.

Supaya tidak tertipu dengan belanja online ada tips menghindari penipuan online shop seperti pilih situs website yang terpercaya, periksa reputasi penjual atau toko online, cek ulasan produk dari sesama pembeli, tersedianya metode pembayaran Cash on Delivery (COD), dan jangan tergiur harga yang terlalu murah.

Jangan lalai di media sosial karena korban penipuan bisa terjadi kita sendiri selain merugikan ekonomi yang paling terparah bepengaruh terhadap mental diri sendiri. Periksa beberapa kali sebelum melakukan transaksi apa pun.