Lindungi Diri Dari Penipuan Di Ruang Digital

11

SOLOK SELATAN, Info31.id – Penipuan di ranah digital kerap terjadi menimpa masyarakat Indonesia, hal itu terjadi karena kurang hati-hati bagi pengguna internet. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera Barat tepatnya Kabupaten Solok Selatan, Selasa (7/9/2021).

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Berkenalan Dengan Atrificial Intelligence, Tips & Trick Menghindari Penipuan Digital, Literasi Digital Bagi Tenaga Pendidik dan Anak Didik di Era Digital, Serta Bijak Sebelum Mengunggah di Media Sosial.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Barat yaitu H. Mahyeldi Ansharullah, S.P, yang memberikan sebuah sambutan dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021. Webinar membahas tentang “Lindungi Diri dari Penipuan di Ruang Digital” oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang influencer yang akan ikut berpatisipasi.

Pembahasan tentang artificial Intelligence merupakan kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau bisa disebut juga intelegensi artifisial. Hal itu didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Banyak hal yang kelihatannya sulit untuk kecerdasan manusia, tetapi untuk informatika relatif tidak bermasalah.

Seperti contoh, mentransformasikan persamaan, menyelesaikan persamaan integral, membuat permainan catur atau backgammon. Selain itu, hal bagi manusia kelihatannya menuntut sedikit kecerdasan sampai sekarang masih sulit untuk direalisasikan dalam Informatik. Maka dari itu butuh yang namanya tips and trick menghindari penipuan digital.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan guna mengindari dari penipuan digital diantaranya menjaga informasi pribadi, jangan memberikan kode OTP, jangan mudah tergiur dengan hadiah atau keuntungan yang ditawarkan, tidak mentransfer ke rekening pribadi dan hanya percaya informasi di situs resmi.

Selain pemaparan di atas, kita perlu bijak sebelum mengunggah di media sosial sebelum kita mengunggah apa pun. Pastikan kita sudah mengetahui apa yang akan kita posting atau unggah di media sosial karena salah-salah posting akan berdampak negative untuk diri kita karena jejek digital sulit atau tidak akan bisa dihilangkan sampai kapanpun.