Lindungi dengan Fitur Keamanan, Awas Data Pribadi Bocor!

10

KAMPAR, Info31.id – Perkembangan teknologi adalah hal yang tidak dapat dihindari dalam banyak hal. Seiring dengan hal itu, penting bagi pengguna internet untuk menajaga privasi dan keamanan di dunia digital.

Demikian menurut Winarsih, Pengajar dan Social Activation, dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital – “Privasi dan Keamanan di Dunia Digital”, Selasa (28/9/2021). Webinar diselenggarakan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika di 77 Kabupaten/Kota, Wilayah Sumatera, dari Aceh hingga Lampung.

Hadir dalam acara, Gubernur Provinsi Riau, Syamsuar, memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021. Dijelaskan, sebagai pengguna internet yang bijak perlu memahami pentingnya proteksi perangkat digital dari software maupun hardware.

Untuk menjaga privasi dan keamanan di dunia digital dengan memanfaatkan fitur kata sandi dalam gawai, tablet, laptop, dan computer. Sandi biasanya berupa angka dan pola. Pastikan di sekeliling tidak ada orang lain ketika membuka kata sandi.

Kemudian, menutup layar dan rutin mengubah kata sandi pada perangkat digital yang kita gunakan. “Selain kata sandi terdapat juga fitur terbaru yakni fingerprint, fitur ini bekerja dengan cara menyesuaikan sidik jari pengguna ponsel agar bisa membuka ponsel,” imbuhnya.

Selain itu, sebagai pengguna internet perlu memahami dan melindungi dengan fitur back-up data. Ini merupakan langkah untuk mencegah kehilangan data di telepon pintar, tablet, komputer dan laptop. “Seringkali dalam menggunakan perangkat digital, kita memiliki data-data yang penting seperti foto, video, dokumen dan arsip penting,” tetangnya.

Beberapa aplikasi yang cocok untuk fitur back-up data seperti Dropbox, OneDrive, dan iCloud. Selain pembahasan tersebut sebagai pengguna perlu mengaktifkan fitur antivirus, untuk perlindungan bagi berbagai perangkat digital. “Untuk memilih antivirus yang cocok berkonsultasi dengan teknisi komputer atau ponsel yang sudah berpengalaman,” pungkasnya.