Lindungi Data Pribadi, Buat Password yang Kuat

4

BANDA ACEH, Info31.id – Berita palsu, bohong dan tidak bersumber atau sering disebut dengan hoax bertujuan membuat opini publik dengan menggiring serta mengubah persepsi. Selain sebagai bahan lelucon atau sekedar iseng, berita hoax juga dapat menjatuhkan pesaing, promosi, dan penipuan.

Demikian diungkapkan Sekretaris Forum PRB Banda Aceh yang juga Pimpinan Redaksi Mediaaceh.co, Bustami, dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital – “Memahami Pentingnya Menjaga Keamanan Digital di Ruang Digital”, Kamis (30/9/2021).

Webinar diselenggarakan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika di 77 Kabupaten/Kota, Wilayah Sumatera, dari Aceh hingga Lampung. Hadir dalam acara, Presiden RI Jokowi; Gubernur Provinsi Aceh, Nova Iriansyah; dan Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman, memberi sambutan dan mendukungan Literasi Digital Kominfo 2021.

“Privasi untuk menghindari penjahat dunia maya sangat penting. Saat ini kita terhubung di internet, konsekuensinya kita membuka diri terhadap lebih banyak jenis kejahatan dunia maya,” kata Bustami.

Untuk itu, lanjut dia, masyarakat harus memahmi privasi yang mencakup informasi pribadi, dokumentasi pribadi, peruntukkan informasi pribadi, dan persetujuan tentang informasi pribadi. Agar data tetap aman, masyarakat harus menghindari penyebaran data-data penting seperti alamat rumah, rekening atm, atau nomor handphone di internet.

“Kemudian, buatlah password yang kuat untuk tiap akun media sosial, jangan pos sesuatu bersifat terlalu personal, gunakan layanan pelindung data pada device kesayanganmu, cari namamu sendiri di google, dan hapus semua informasi sensitif yang ditemukan,” pungkasnya.