Kuasai Digital, Pasti Jadi Pemenang Persaingan Ekonomi

9

NANGAN RAYA, Info31.id – Kecakapan digital masyarakat di tanah air merupakan hal paling fundamental untuk memenangi persaingan ekonomi. Potensi ekonomi digital yang begitu besar haruslah dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Demikian diungkapkan Bendahara Umum DPP KNPI, Twedy Ginting, dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital – “Keterampilan Digital yang Wajib Dikuasai”, Kamis (30/9/2021).

Webinar diselenggarakan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika di 77 Kabupaten/Kota, Wilayah Sumatera, dari Aceh hingga Lampung. Hadir dalam acara, Presiden RI Jokowi dan Gubernur Provinsi Aceh, Nova Iriansyah, memberi sambutan dan mendukungan Literasi Digital Kominfo 2021.

Twedy Ginting beberapa kecakapan digital antara lain, komunikasi, kerjasama, pengetahuan umum, karir, tanggung jawab pribadi, kompetensi, berpikir kritis. Kemudian, belajar, kreatifitas, kesadaran budaya, dan keterampilan teknologi. Dunia kerja di era digital tak dipisahkan dari teknologi. Pada era ini tentunya akan dituntut untuk serba cepat, kreatif, dan inovatif.

“Maka dari itu sejumlah keahlian tertentu sangat dibutuhkan jika ingin memenangkan persaingan dan mempunyai nilai tambah yang besar di mata perusahaan, seperti coding, editor gambar atau video, dan digital marketing,” ungkapnya.

Guru SMAN Bunga Bangsa dan Pengurus IGI Kab. Nagan Raya, George Herisusanto, menyebut keterampilan digital yang wajib dikuasai antara lain microsoft office, email, jejaring sosial, komputer, ponsel, printer, scanner, dan search engine.

“Literasi digital untuk pendidikan di era pandemi yaitu, mencari bahan referensi, memilih bahan referensi, menelaah bahan referensi, menerapkan bahan referensi, dan membuat karya inovatif dan kreatif,” katanya.

Tiro Sanchabakhtiar sebagai Founder Planet Design Indonesia, waspada adalah kunci pertama untuk melindungi diri di dunia nyata dan dunia maya. Sejalan dengan seringnya & lancarnya kita selancar di dunia maya kita makin meremehkan kewaspadaan kita. Tidak Lalai adalah kunci kedua untuk selamat (materi & imaterial). periksa beberapa kali sebelum melakukan transaksi apapun. Key Opinion Leader oleh Rani Yuliyanti sebagai Influencer menambahkan, manusia harus mengembangkan diri mereka masing-masing. Terlebih lagi banyaknya pengalaman membuat kemampuan kita semakin terasah dan juga mungkin kita dapat mengetahui kemampuan kita yang lainnya.

Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker Gubernur Provinsi Aceh yaitu, Ir. H. Nova Iriansyah, M.T dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.