Kroasia Senang Telles Cedera, Kesempatan Menang Terbuka

51
Kroasia akan memanfaatkan kekosongan Telles di babak perempat final melawan Brazil. Foto: reuters

Neymar memiliki keyakinan Brazil akan lolos ke final Piala Dunia 2022. Namun pemain Paris Saint-Germain ini harus sadar, pasalnya ia dan pemain lainnya harus melewati Kroasia dulu. Finalis Piala Dunia Rusia 2018 itu bukanlah lawan yang mudah ditaklukan.

Selain tembok belakang tim yang dikapteni Luka Modric cukup kokoh untuk ditembus, Brazil harus menerima kenyataan absennya Alex Telles. Bek Manchester United yang musim ini dipinjamkan ke Sevilla itu mengalami cedera saat menghadapi Kamerun. Cedera itu dilaporkan cukup parah sehingga harus naik meja operasi untuk penyembuhannya.

Absennya Telles tentunya menjadi celah keberuntungan bagi Zlatko Dalic, pelatih Kroasia. Meski bermaterikan sebagian besar pemain veteran, Dalic mengatakan generasi ini tidak boleh dibandingkan dengan tim yang dikalahkan Prancis di final dan di Rusia karena mereka sebagian besar termasuk pemain yang tersebar di klub-klub elite.

“Kami telah meraih hasil bersejarah setelah meraih runner up pada 2018 dan posisi ketiga pada 1998, ini adalah hasil Kroasia terbaik ketiga kami di Piala Dunia,” kata Dalic, sebagaimana dikutip dari Arab News.

Brazil memang memiliki rekor terbaik sepanjang piala dunia digelar dibanding Kroasia. Tim Samba mencatat memenangkan tiga dari empat gelaran antara tahun 1958 dan 1970, dan menjadi juara pada tahun 1994 dan 2002. Hanya di Piala Dunia 1998 mereka puas sebagai runner up. Sempat tidak diunggulkan di kandang sendiri pada tahun 2014, ironisnya kalah 7-1 dari Jerman di semifinal. Terakhir kali, mereka mencapai perempat final, kalah 2-1 dari Belgia.

Sementara Kroasia menorehkan sejarah manis saat di Piala Dunia 1998, di ajang piala dunia kali pertama diikutinya tersebut Kroasia menempati peringkat ketiga. Namun sayang kesuksesan tidak berlanjut, mereka gagal lolos dari babak penyisihan grup. Penampilan terbaik mereka adalah pada tahun 2018, di mana Kroasia sebagai runner-up, kalah 4-2 dari Prancis di final dan mengalahkan Inggris 2-1 di semifinal.

Kroasia dan Brazil telah saling berhadapan sebanyak empat kali, tiga di antaranya dimenangkan Brazil, sementara sisanya seri. Dua dari pertandingan itu terjadi di Piala Dunia. Yang pertama adalah kemenangan 1-0 Brazil di babak penyisihan grup Piala Dunia 2006. Pertemuan berikutnya di pertandingan pembukaan Piala Dunia 2014, Neymar mengantongi dua gol dalam kemenangan 3-1. Pertemuan terakhir mereka adalah pertandingan persahabatan pada 2018, yang berakhir dengan skor 2-0 untuk Brazil.

Pertemuan Brazil dengan Kroasia di babak perempat final akan digelar di Education City Stadium, pada Juma’at (9/12/2022) pukul 22.00 WIB.

Brazil memuncaki Grup G dengan satu pertandingan tersisa, setelah mengalahkan Serbia 2-0 dan Swiss 1-0. Hanya mengalami sekali 1-0 dari Kamerun dalam pertandingan grup terakhir mereka. Kekalahan ini merupakan kekalahan pertama Brazil dari tim asal Afrika, Mereka kemudian mengalahkan Korea Selatan 4-1 di babak 16 besar, dengan gol Brazil tercipta di babak pertama.

Kroasia lolos dari Grup F di tempat kedua di belakang Maroko, berhasil mengoleksi lima poin dari tiga pertandingan mereka. Bermain imbang 0-0 melawan Maroko dan Belgia serta menang 4-1 atas Kanada. Pertandingan 16 besar terakhir mereka melawan Jepang berakhir 1-1, dilanjut adu penalti dan Kroasia menang 3-1.