Komunitas #UangKita “Komunita”, Bentuk Kepedulian Milenial terhadap Indonesia

23
Menkeu Sri Mulyani dalam Ministry of Finance Festival (Mofest) 2021, Kamis 18 November 2021. (Foto: info31.id/Pool/Dok. Kemenkeu)

JAKARTA, info31.id – Kontribusi generasi muda (milenial) di dalam Komunitas #UangKita “Komunita” mendapat apresiasi dari Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. Pasalnya “Komunita” merupakan sebagai bentuk kepedulian terhadap Republik Indonesia.

“Kalian bergabung di dalam Komunita karena punya kepedulian yang otentik dan itu merupakan aset dari Republik Indonesia. Aset itu tidak selalu gedung seperti ini. Aset itu adalah anak-anak muda seperti kalian yang punya kepedulian, punya kepintaran, punya karakter, dan kemudian mau melakukan,” kata Menkeu dalam Ministry of Finance Festival (Mofest) 2021, Kamis 18 November 2021.

Baca Juga: Menkeu: BLU, Agen Pemerintah yang Berperan Sentral Percepat Pertumbuhan Ekonomi

Komunita merupakan kolaborasi Kementerian Keuangan (kemenkeu) dengan generasi muda sebagai wadah berjejaring dan mengembangkan diri menjadi generasi produktif yang memahami kebijakan pengelolaan #UangKita.

Komunita diharapkan mampu melahirkan generasi muda sebagai penggerak utama menuju Indonesia Maju 2045 dengan berfokus pada pengembangan diri, karakter, dan perluasan jaringan.

“Kita membuat komunitas yang merupakan suatu gerakan di dalam konteks keuangan negara. Bagaimana negara, bangsa Indonesia di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia mengumpulkan dana yang kemudian ditampung dalam pendapatan negara, digunakan untuk berbagai kebutuhan negara, seperti pendidikan, kesehatan, membantu masyarakat yang miskin, menyekolahkan anak-anak, dan melakukan kegiatan-kegiatan yang semuanya membutuhkan anggaran dan biaya. Kita juga investasi untuk jangka panjang, terutama investasi sumber daya manusia,” ujar Menkeu.

Menkeu berharap melalui Komunita ini generasi muda dapat bersama-sama mencapai tujuan Republik Indonesia dalam mewujudkan masyarakat adil makmur, serta bangsa yang memiliki martabat tinggi.

Baca Juga: Menkeu Ungkap 4 Kebijakan Inovatif untuk Hadapi Tantangan Perubahan Iklim

“Kalian membuat gerakan untuk menjaga uang kita bersama sehingga dia menjadi resources atau sumber daya yang bisa kita gunakan sebaik-baiknya untuk membangun Indonesia hari ini dan ke depan. Ini adalah awal dari suatu perjalanan bersama di dalam sebuah komunitas dimana kita semuanya saling peduli melalui bagaimana keuangan negara atau uang kita bersama harus dikelola,” ujar Menkeu.

“Semoga Komunita ini akan betul-betul menciptakan sebuah forum berkomunikasi bagi terutama generasi-generasi muda untuk peduli terhadap bagaimana Indonesia seharusnya dibangun. Ini rumah kalian. Ini rumah kita semuanya. Mari kita bangun bersama,” pungkas Menkeu.