Kiat-Kiat Melawan Hoaks di Media Sosial

7
Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.(Foto : Info31.id / Pool / Dok. Kemenkominfo).

PASAMAN BARAT, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Rabu (8/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Barat, H. Mahyeldi Ansharullah, S.P dan Presiden RI Jokowi. Tema besar webinar “Kiat-Kiat Melawan Hoaks” oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Pembahasan tentang era digital, dimana segala sesuatu dapat di akses dengan mudah. Dunia mengerucut, mengecil dalam arti informasi segala sesuatu sangat mudah diperoleh dimanapun kita berada. Dampak positif dan negatif informasi digital, informasi digital dapat menghubungkan antara informasi dengan pembaca. Melalui media sosial, portal WEB, dan lain-lain. Hal ini membanjiri ruang publik dan informasi yang begitu deras tanpa batas, menurut Virna Lim sebagai Chairwoman Of Sobat Cyber Indonesia.

Jagalah informasi dan identitas digital kita, manfaatkan secara positif. Jejak digital kita dapat berpengaruh untuk masa depan kita. Pastikan konten yang kita unggah fakta atau hoaks Pastikan konten yang kita unggah bermanfaat dan dapat di pertanggung jawabkan.

Pastikan konten yang diunggah sesuatu yang membantu orang lain serta diunggah dengan sopan, tidak kasar, tidak melukai orang lain, menurut Muhammad Zunni, S.Pd., M.M sebagai Kepala SMAN 1 Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat.

Pastikan konten yang kita unggah di social media kita dapat kita pertanggungjawabkan. Miliki juga etika dalam membuat konten di social media sehingga apa yang kita sebarkan tidak menyinggung orang lain, ini menjadi salah satu kiat juga untuk melawan hoaks.