Keterampilan Yang Wajib Di Kuasai di Era Digital

6

SIMALUNGUN, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Rabu (15/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Keynote Speaker Gubernur Provinsi Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi, memberikan sambutan dan mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang “Keterampilan Yang Wajib Di Kuasai di Era Digital” oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang influencer yang akan ikut berpartisipasi.

Menurut Bagas Kurniawan sebagai Digital Economy Consultant dan Peneliti SCI, menjabarkan kemampuan dasar yang wajib dimiliki oleh para karyawan, antara lain kemampuan untuk komunikasi dan kolaborasi, kemampuan mengangani konten dan informasi, kemampuan melakukan transaksi digital, kemampuan mencari solusi dari masalah tools dan layanan online, serta kemampuan untuk tetap aman, legal, dan percaya diri dalam melakukan kegiatan online.

Masyarakat yang ingin menggunakan media sosial harus memahami terlebih dahulu mengenai jejak digital dan mengindari menyebarkan data pribadi yang dapat merugikan diri sendiri karena dapat digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Menurut U. Laila Sa’adah, S.Psi., M.Pd sebagai Konselor Parenting Pegiat Literasi Digital, saat pengguna mulai mengakses media online maka di saat itu juga meninggalkan jejak digital, aktivitas di dunia maya selalu meninggalkan jejak digital. Penyimpangan jejak digital ke arah negatif, dimanfaatkan untuk tindak kejahatan digital dan pemanfaatan data pribadi yang diperjual belikan menjadi komoditas pasar.

Mungkin dalam beberapa kasus pengguna media online bisa meminta platform media digital untuk menghapus, tapi tidak bisa untuk data yang sudah disimpan oleh pengguna lainnya, kemungkinan ada yang sudah menyimpan data saat diunggah.

Untuk menghindari hal tersebut, lebih baik membuat jejak digital yang baik, dengan cara menuliskan karya dan prestasi dalam platform media online yang dimiliki serta memberikan semangat kebaikan dan komentar positif di dunia maya. Selalu ingat, apa yang dilakukan di dunia maya, akan berpengaruh dengan dunia nyata.