Keterampilan Digital yang Wajib Dikuasai

10

BATU UTARA, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital, Jum’at (24/9/2021). Webinar membahas tentang “Keterampilan Digital yang Wajib Dikuasai” oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang influencer yang akan ikut berpartisipasi.

Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi, yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.

Keterampilan digital menjadi kemampuan krusial yang dibutuhkan oleh pengguna internet di media sosial. Menurut Zainuddin Muda Z. Monggilo, sebagai Dosen Departemen Ilmu Komunikasi, menjelaskan kita tidak cukup hanya mampu mengoperasikan berbagai perangkat TIK dalam kehidupan sehari-hari, tetapi juga harus bisa mengoptimalkan penggunaannya untuk sebesar-besar manfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Hal yang dimaksud adalah pentingnya cakap bermedia digital untuk keterampilan digital. Salah satu indikator cakap bermedia digital yakni digital skills, yaitu kemampuan individu dalam mengetahui memahami, dan menggunakan perangkat keras dan lunak di kehidupan sehari-hari.

Ada empat dasar yang perlu diketahui dalam digital skills di antaranya pengetahuan dasar menggunakan perangkat digital, pengetahuan dasar tentang mesin telusur dalam mencari informasi dalam memasukkan kata kunci, pengetahuan dasar tentang beragam aplikasi di media sosial untuk berkomunikasi dan berinteraksi, serta pengetahuan dasar tentang aplikasi dompet digital dan e-commerce.

Selain pembahasan di atas keterampilan digital perlu adanya sebuah kreativitas yang dibutuhkan oleh industri 4.0 meliputi pemasaran digital, seperti youtuber, dan reseller di marcketplace. Bahkan perlu keahlihan untuk kreatif seperti administrasi perkantoran dan sekertaris online, disainer aplikasi dan web mobile, pregamer, dan kemampuan mengelola jaringan dan komputer server.

Terdapat beberapa manfaat yang dapat diambil dalam kreativitas di Internet di antarnya mudah dalam mencari dan memperoleh sumber referensi untuk keperluan pendidikan secara lengkap dengan menggunakan mesin pencari, sumber ilmu pengetahuan dan sarana pembelajaran yang dapat diperoleh dengan mudah, dan sarana promosi atau pun komunikasi bagi berbagai produk.