Keterampilan Digital yang Wajib Dikuasai

18

SIMALUNGUN, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Jum’at (17/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Keynote Speaker Gubernur Provinsi Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi. Webinar membahas “Keterampilan Digital yang Wajib Dikuasai” oleh para narasumber berkompeten di bidang masing-masing serta seorang influencer.

Menurut Sari Monik Agustin sebagai Dosen Universitas Multimedia Nusantara dan Akademisi Japelidi mengatakan bahwa, jaringan pengiat literasi digital (japelidi) adalah komunitas pegiat literasi digital yang lahir tahun 2017 untuk melakukan beragam kegiatan agar bisa meningkatkan kompetensi literasi digital masyarakat. Anggota japelidi sebagian besar adalah akademis dari 81 perguruan tinggi di 31 wilayah Indonesia. Dari tahun ke tahun jumlah tindak pidanan siber mengalami, peningkatan (CNN, 2020).

Rohdearni Sipayung menjelaskan bahwa keterampilan komunikasi era digital diantaranya mengenali kebutuhan informasi, mengatur informasi dan ide secara logis dan lengkap, menyampaikan ide secara koheren dan persuasif, menyimak secara aktif, berkomunikasi dengan berbagai kalangan orang, memakai teknologi komunikasi secara efektif dan efisien.

Bertaria Sohnata Hutauruk Dosen Universitas HKBP Nommensen memaparkan konten digital meliputi audio digital, video digital, iklan online, realitas virtual, media sosial, dan situs web. Audio mengacu pada suara yang kita dengarkan melalui perangkat digital. Media sosial mengacu pada situs web dan aplikasi yang memungkinkan individu atau perusahaan untuk menyebarkan informasi kepada publik yang lebih luas.

Virna Lim sebagai Chairwoman Of Sobat Cyber Indonesia menjelaskan digital skill berkaitan dengan kemampuan individu dalam mengetahui, memahami, dan menggunakan perangkat keras, perangkat lunak serta sistem operasi digital dalam kehidupan sehari-hari (Misdiyanto, 2021). Di akhir dengan Key Opinion Leader Ana Livian sebagai Mom Ifluencer mengatakan bahwa kita harus mengasah keterampilan digital yang ada.