Keterampilan Digital di Era Pandemi

7
Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. (Foto: Info31.id / Pool / Dok. Kemenkominfo).

PIDIE, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital, Kamis (23/9/2021). Tema besar webinar “Keterampilan Digital di Era Pandemi” oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Aceh yaitu, Ir. H. Nova Iriansyah, M.T dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Pembahasan tentang beberapa tren pekerjaan yang paling dicari tahun 2021 antaranya, copywriter atau content writer, web developer, UI/UX designer, social media strategist, SEO specialist, dan data research. Tingkatkan digital skill dengan 3M yaitu, mengetahui macam-macam produk digital, menguasai produk digital, serta memanfaatkan produk digital.

Manfaatkan digital skill dengan menciptakan branding, memperluas koneksi, dan memperkuat bisnis. Jaringan pegiat literasi digital (Japelidi) adalah komunitas pegiat literasi digital yang lahir tahun 2017 untuk agar bisa menjadi bagian dari solusi persoalan masyarakat digital dengan meningkatkan kompetensi literasi digital masyarakat. Japelidi per Agustus 2021 beranggotakan hampir 200 orang dari seluruh wilayah Indonesia, menurut Sri Astuty Dosen FISIP ULM, Japelidi.

Muzakkir, M.Pd Ketua MGMP PJOK SMA Kota Lhokseumawe mengatakan cara baru melakukan sesuatu harus dilakukan adalah produk, pengelolaan, metode, dan teknik. Tujuan dari inovasi adalah untuk perubahan yang positive, membuat seseorang atau sesuatu yang lebih baik.

Key Opinion Leader oleh Suci Fitri Ramadhani seorang Influencer yang membagikan pengalamannya tentang perubahan sejati dan adaptasi manusia yang lebih tinggi tidak tercipta karena perlawanan terhadap kebiasaan-kebiasaan lama. Perubahan itu bukan masalah tidak melakukan sesuatu, melainkan melakukan sesuatu yang lain.