Keterampilan Digital di Era Pandemi

10
Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.(Foto : Info31.id/Pool/Kemenkominfo).

ACEH TIMUR, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Sabtu (18/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Keynote Speaker Gubernur Aceh, Ir. H. Nova Iriansyah, M.T. dan Presiden RI Jokowi. Tema besar webinar “Keterampilan Digital di Era Pandemi” oleh para narasumber berkompeten di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader.

Menurut Muhammad Rizal, S.Kom sebagai Founder Acehdigital.com menjelaskan bahwa basic knowledge dan rules usaha onlien, untuk memulai usaha online kita harus tentukan apa yang mau kita jual: guna untuk memudahkan kita dalam berjualan targetkan perempuan terlebih dahulu, survei telah membuktikan perempuan paling rajin belanja online dan tidak hitung-hitungan buat spend money.

Apalagi berhubungan dengan hobinya, lalu masuk di segmen hobi atau kebutuhan setiap hari: tentukan produk yang kita jual masuk kedalam kategori apa misal perawatan (produk kecantikan seperti pemutih, gigi bersih, minyak wangi, dan lain-lainnya), hobi (contoh: hormon anggrek biar cepat berbunga), buat sarana untuk penjualan: kita harus memiliki wa bisnis, landing page, IG, FB, twitter.

Qusthalani, S.Pd., M.Pd Duta Rumah Belajar Prov.Aceh/Ketua IGI Kab. Aceh Utara mengatakan tips terkait mengubah konsumtif jadi produktif selama pandemi berlangsung, di antaranya berpikir 2x sebelum melakukan pembelian, mencari dan mencoba Do It Yourself (DIY) dari barang-barang yang ingin dibeli.

Kemudian mencari kegiatan lain yang dapat mengembangkan diri, melakukan hobi lain dari pada scroll handphone, mencari konten edukasi agar selalu mendapat ilmu baru, melibatkan diri menjadi konten kreator, dan menjadi entrepreneur dunia. Key Opinion Leader oleh Kevin Julio Ardianto seorang Relationship Officer BCA KCU Suryopranoto kita hanya berjarak satu klik untuk sebuah keterampilan digital di era pandemi ini.