Keterampilan Digital di Era Pandemi

10

LABUHAN BATU, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Rabu (15/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Keynote Speaker Gubernur Provinsi Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi. Webinar membahas “Keterampilan Digital di Era Pandemi” oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang influencer.

Menurut Bang Indra Muin sebagai Sekretaris Kominfo Lampung Barat, keterampilan digital yang dapat diasah oleh generasi millennial ialah membuat konten di media sosial. Dengan memaanfaatkan media sosial sebagai wadah untuk berkarya, akan menghasilkan banyak manfaat.

Tips dan trik membuat konten, antara lain paham teknik pembuatan konten, kenali targer audience, konten harus menarik dan informatif, mempunyai ciri khas atau karakter, konten yang orisinil, menyertakan hastag, serta tema konten konsisten.

Materi yang akan di sampaikan ini tentang saran praktis dan kiat tertentu untuk membuat produk elektronik atau konten bagi generasi muda agar dapat disajikan kepada pengguna dengan menarik dan informatik.

Hal yang harus dilakukan untuk menghadapi era digital diantaranya, berpikir kritis, ketrampilan berpikir kritis memungkinkan untuk dapat membedakan informasi mana saja yang termasuk kebenaran atau kebohongan, fiksi atau nonfiksi, serta fakta atau oipini. Kreatifitas, dengan ketrampilan kreatif, dapat terbiasa melihat suatu masalah dari berbagai perfektif.

Komunikasi, kemampuan komunikasi yang efektif menjadi salah satu alat yang akan membantu membangun relasi. Serta, kolaborasi, merupakan keterampilan yang harus dikuasai untuk menghadapi pekerjaan di masa depan. Beberapa tren profesi seperti, konten kreator, spesialis media sosial, pemasaran digital, dan software engineering.