Kesiapan Masyarakat Dalam Menghadapi Transformasi Digital

31

Tebo, info31.id – Masayakat harus siap menghadapi kemajuan tehnologi digital saat ini. Digitalisasi di segala lini menjadikan digital itu sendisi sebagai buyada masyarakat.

Praktisi pendidikan, France Farma Hendra mengatakan, budaya digital menjadi syarat dalam melakukan transformasi digital. Penerapan budaya digital lebih kepada mengubah pola pikir agar dapat beradaptasi dengan perkembangan digital.

Salah satu dampak buruk dari budaya digital yang harus dihindari adalah “internet addiction yaitu merupakan sikap yang ditunjukkan seseorang terhadap penggunaan internet secara berlebihan.

“Internet addiction” menunjukkan perilaku ketergantungan dan menimbulkan rasa ingin menggunakannya secara terus-menerus tanpa memperhitungkan keadaan, situasi, dan kondisi yang sedang dialaminya,’ ujarnya dalam webniar “Kesiapan Masyarakat Dalam Menghadapi Transformasi Digital” yang digelar Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, di Kabupaten Tebo, Jambi, beberapa waktu lalu.

Dalam sesi sharing, Fiorencia Grecella, praktisi Content Creator mengatakan, masyarakat harus mengikuti perkembangan zaman yang ada dan jangan sampai tertinggal.

“Karena segala sesuatunya membutuhkan internet untuk berkomunikasi misalnya. Biarpun terhalang jarak, kita bisa berinteraksi hanya dengan menggunakan internet atau gadget,” ujarnya.

Kegitaan webniar ini merupakan rangkaian dari Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.