Kesiapan Masyarakat Dalam Menghadapi Transformasi Digital

5

PEMATANG SIANTAR, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Jum’at (17/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Keynote Speaker Gubernur Provinsi Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi. Webinar membahas “Kesiapan Masyarakat Dalam Menghadapi Transformasi Digital” oleh para narasumber berkompeten di bidang masing-masing serta seorang influencer.

Dumaris E. Silalahi, S.Pd., M.Pd. Sekretaris Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas HKBP Nommense, mengatakan peran guru dan dosen dalam pendidikan adalah mendidik, membimbing, menilai dan mengevaluasi setiap kegiatan siswanya.

Pentingnya integrasi digital bagi tenaga pendidik adalah agar dapat beradaptasi dan mengikuti perkembangan teknologi di dunia digital kemudian memanfaatkannya untuk Kemajuan pola pembelajaran terhadap anak didik nantinya.

Ruri Susanti, M.PD GR Kepala SMK Pariwisata IT Nurul Imam menjelaskan bahwa para pengguna internet biasanya mengandalkan nama-nama domain saat melakukan pencarian situs web brand, layanan, profesional, atau situs web personal. Inilah yang saat ini dimanfaatkan para pelaku kejahatan siber dalam membuat jebakan yang patut diwaspadai.

Menurut Partohap S. R Sihombing, S.Th., S.Pd., M.Pd sebagai Kordinator PPL FKIP Universitas HKBP Nommensen memaparkan ciri-ciri informasi hoaks diantaranya, biasanya hoax bermuatan fanatisme atas nama ideologi, Hoax berisi informasi yang sumbernya tidak jelas, tidak terverifikasi, tidak kredibel, tidak berimbang, dan biasanya menyudutkan pihak-pihak tertentu, dan Tidak ada rincian jelas mengenai penulis dan sumber informasi.

Key Opinion Leader oleh Kevin Nguyen seorang Influencer dan Co-Founder Cetak Kreator yang harus diperhatikan masyarakat dalam menghadapi informasi digital harus memiliki kesiapan yang matang agar bisa memanfaatkan kemajuan teknologi yang sudah berkembang pesat.