Kesiapan Masyarakat Dalam Menghadapi Transformasi Digital

6

MERANGIN, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital, Jum’at (24/9/2021). Tema besar webinar “Kesiapan Masyarakat Dalam Menghadapi Transformasi Digital” oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital.

Sebagai Keynote Speaker adalah Direktur Jenderal Aplikasi Informatika yaitu, Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Pembahasan tentang UMKM adalah kegiatan usaha atau bisnis yang dijalankan oleh individu, rumah tangga, maupun badan usaha kecil. Penggolongannya berdasarkan besaran omzet per tahun, jumlah kekayaan atau aset, dan jumlah karyawan yang dipekerjakan. Sedangkan kalau bisnis online segala bentuk bisnis yang dilakukan secara online.

Platfrom usaha online diantaranya marketplace atau ecommerce adalah platform yang berperan sebagai pihak ketiga atau perantara antara penjual dan pembeli untuk mempermudah transaksi jual beli secara online. Sosial media, Instagram, Facebook, WhatsApp contoh sosial media. Transaksi pada media sosial biasanya dilakukan langsung antara toko dan pembeli, menurut Tiwi Dewanti Kartadibrata sebagai Head of Culinary Program of BPP Vocational School in Bandung.

Superwiratni, SE., Par., MM.Par Dosen Tetap Akbar NHI memaparkan Spam adalah aktifitas mengirimkan pesan kepada orang lain dengan perangkat elektronik secara terus menerus dan dengan jumlah masif tanpa di kehendaki oleh penerimanya.

Key Opinion Leader oleh Njie Aditya seorang Influencer &MC yang membagikan pengalamannya tentang kesiapan masyarakat dalam menghadapi transformasi digital adalah yang tadinya berbelanja baju atau kebutuhan lainnya datang ke toko langsung sedangkan diera sekarang yang sudah maju kita bisa memesan segala kebutuhan kita dengan membeja online lewat online shop.