Kenali Ragam Aplikasi Berbasis Teknologi Digital Sebelum Digunakan

12

SOLOK SELATAN, Info31.id – Aneka ragam aplikasi tersedia lengkap di jejaring internet. Namun, yang tepat dan menguntungkan adalah aplikasi invetasi. Investasi merupakan upaya menanamkan modal dan dana dengan harapan bisa mendapatkan keuntungan di masa depan.

Demikian diungkapkan Bugi Satrio, Lecturer, TV Presenter, dan Radio Announcer, dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital – “Kenali Jenis Aplikasi Tepat dan Menguntungkan di Ruang Digital”, Selasa (21/9/2021).

Webinar diselenggarakan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika di 77 Kabupaten/Kota, Wilayah Sumatera, dari Aceh hingga Lampung. Hadir dalam acara, Presiden RI Joko Widodo dan Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, memberikan sambutan dan dukungan terhadap Literasi Digital Kominfo 2021.

Bugi Satrio menjelaskan, ragam aplikasi investasi antara lain ajaib, bibit, bareksa, pluang, dan tanamduit. Untuk berinvestasi online secara aman, masyarakat harus memikirkan dana sebagai modal yang bukan berasal dari pengeluaran bulanan. Selanjutnya, teliti legalitas penyedia investasi dan harus dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Tidak lupa, periksa kredibilitas dan pastikan kantornya dapat diakses secara online maupun offline. Jangan berikan data sensitif hanya berikan data diri yang relevan ketika mendaftar menjadi nasabah,” sarannya.

Dosen Komunikasi UPNVJ, Rut Rismanta Silalahi mengatakan, masyarakat juga harus memilih perangkat yang dapat dipercaya dan terjamin. Pengguna bisa lihat review pengguna perangkat tersebut terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakannya, seperti Whatsapp, PeduliLindungi, Halodoc, dan Zoom.

“Selain itu, ada juga mesin pencari informasi yang memiliki kemampuan mencari halaman website di internet berdasarkan basis data dengan bantuan kata kunci, seperti Google, Yahoo, Bing, Baidu, dan Yandex,” paparnya.

Dalam Key Opinion Leader, Uda Rio, Content Creator menambahkan, untuk lebih maksimal dalam menggunakan sosial media, masyarakat harus terlebih dahulu paham mengenai aplikasi yang akan digunakan. “Apakah bermanfaat untuk diri kita atau tidak. Kita sebagai pengguna harus pintar dalam memilih aplikasi yang akan kita gunakan,” pungkasnya.