Kenali Jenis Aplikasi Tepat dan Menguntungkan di Ruang Digital

10

PADANG PARIAMAN, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Kamis (9/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Barat, H. Mahyeldi Ansharullah, S.P dan Presiden RI Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Tema besar webinar “Kenali Jenis Aplikasi Tepat dan Menguntungkan di Ruang Digital” oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Pembahasan tentang suatu tantangan nyata dalam transformasi digital, dunia terus berubah, peradaban iptek dan pembangunan terus berkembang termasuk dalam transformasi digital. Persoalan utama perubahan itu bukan sekedar masalah teknis yang sering lebih rumit dan kompleks itu persoalan non-teknis atau masalah sosial, kebudayaan, dan kepribadian.

Makanya proses transformasi digital perlu dilandasi wawasan kebudayaan, meliputi peran nilai budaya, karakter bangsa, dan juga kepribadian. Inovasi dan trasnformasi digital secara fisik itu hampa manakala abaikan adaptasi perilaku terkait dengan kebudayaan dan kepribadian, menurut Edi Indrizal sebagai Dosen Jurusan Antropologi Universitas Andalas Padang.

Literasi digital ialah kecakapan yang didasari pengetahuan dan kesadaran untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkan secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, patuh hukum dalam rangka membina komunikasi, dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari. Transformasi digital sebagai bagian transformasi kebudayaan, yaitu sebagai sistem ide atau gagasan, pola pikir, dan hasil karya.