Kenali Aplikasi Tepat dan Menguntungkan di Ruang Digital

10

TEBO, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Sabtu (18/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Keynote Speaker Direktur Jendral Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangarepan, B.Sc, memberikan sambutan dan mendukung penuh Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang “Kenali Jenis Aplikasi Tepat dan Menguntungkan di Ruang Digital” oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang influencer yang akan ikut berpartisipasi.

Menurut Agung Ilham Triana, SE., MM.Par., menjelaskan menjajaki fitur sistem dompet digital yang menguntungkan, berupa e-wallet dan e-money. Kelebihan dari dompet digital, antara lain praktis, menghindari penyebaran virus dan bakteri, banyak promo, tidak memelukan kembalian, pengelolaan keuangan terkontrol, serta menurunkan biaya pengelolaan uang fisik.

Dilanjutkan dengan pemaparan oleh Rina Agustini, S.Pd., menjelaskan pentingnya masyarakat untuk menjaga keamanan aplikasi di media sosial, agar media sosial tidak mudah diretas, dengan cara blocking, pengaturan video privasi, membatasi akses ke konten yang tidak sesuai usia, melaporkan konten, comment moderation, serta file a privacy complaint.

Manfaatkan media sosial untuk berkarya dan berkreasi dengan berkolaborasi dan berinteraksi di ruang digital sesuai etika. Sularno SM, S.Pd., M.Pd., memaparkan cara berkolaborasi dan berinteraksi di ruang digital sesuai etika, antara lain memanfaatkan media sosial, membangun personal branding, mengikuti webinar, memperbanyak relasi dengan lingkungan yang positif, serta bergabung di komunitas-komunitas.

Diakhiri dengan key opionion leader oleh Rani Yuliyanti sebagai Influencer, menjelaskan menggunakan aplikasi yang menguntungkan di media sosial dapat mempermudah masyarakat melakukan segala sesuatu, salah satunya bertransaksi digital. Masyarakat dapat menggali aplikasi lainnya di media sosial, seperti youtube, untuk membuat konten yang positif dan bermanfaat bagi diri dan orang lain.