Kementerian Sosial Siapkan Penyuluh Sosial, Untuk Desa Berketahanan Sosial

BALI, Info31.id – Badan pendidikan penelitian dan Penyuluhan sosial (BP3S) melalui pusat penyuluhan sosial (Puspensos) menyelenggaran kegiatan “Bimbingan Sosial Bagi Penyuluh Sosial Masyarakat di Kab. Tabanan, Bali”. Senin, 14/06/21.

Puspensos terus mengembangkan Brand Value Penyuluhan Sosial Transformatif sebagai upaya pengembangan prilaku masyarakat melalui penyampaian KIE dan menjadikan penyuluh sosial sebagai agen perubahan di masyarakat sehingga terwujudnya desa berketahanan sosial.

Sekretaris Badan Pendidikan Penelitian dan Penyuluhan Sosial (BP3S) Harapan Lumban Gaol mengatakan, penyuluh sosial ini merupakan corong dan jembatan program Kemensos.

“Oleh karena itu, dibutuhkan sinergi Pusat Penyuluhan Sosial dengan pemerintah daerah (pemda) dalam membentuk sumber daya manusia (SDM) penyuluh sosial di tingkat desa atau kelurahan,” Kata Harapan Lumban Gaol, seperti dalam keterangan tertulisnya.

Desa Berketahanan Sosial merupakan kondisi ideal yang diharapkan dari suatu desa yang di dalamnya telah memiliki masyarakat yang mandiri dan telah menguatnya nilai-nilai gotong royong, partisipasi serta swadaya sosial masyarakat sehingga siap menerima program-program kesejahteraan sosial serta masyarakat yang mampu memanfaatkan potensi/sumber lokal dalam menyelesaikan permasalahan sosial yang ada.

Untuk informasi kegiatan ini dihadiri pula oleh, Kepala Pusat Penyuluhan Sosial Kemensos RI, Kepala Dinas Sosial Provinsi Bali dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tabanan . Peserta kegiatan sosialisasi ini adalah penyuluh sosial masyarakat,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here